Pj Bupati Bachyuni Minta Dekranasda Konsisten Bina Perajin Karya Wujudkan Pelaku IKM UMKM Handal

Pj Bupati Bachyuni Minta Dekranasda Konsisten Bina Perajin Karya Wujudkan Pelaku IKM UMKM Handal

PJ Bupati Bacyuni minta Dekranasda konsisten bina pengrajin UMKM-Foto : Junaidi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pelatihan Anyaman dan Perca Dekranasda kab Muaro Jambi dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, Sekda Budhi Hartono, Kepala OPD, ketua Asumkamuja Prawoto, Ketuo forum IKM UMKM Zar'ie Muhammad, para Camat beserta istri dan tamu undangan lainnya. 

Ketua Panitia Supriati Budhi Hartono SH dalam laporannya menyampaikan peserta pelatihan anyaman sebanyak 20 orang dan peserta pelatihan Perca juga 20 orang dari berbagai Desa dalam Kabupaten Muaro Jambi.

Lanjutnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perajin anyaman dan Perca sehingga mampu bersaing di pasar lokal dan nasional.

"Nara sumber pelatihan Anyaman yang kami datangkan adalah Bapak Vinto B Efendi Pelaku IKM UMKM Nasional dan Sheka Harning Pelaku IKM UMKM Perca," ujarnya. 

BACA JUGA:Sifat Deretan Zodiak ini Patut Diacungi Jempol, Bisa Menjaga Prasangka Baik

BACA JUGA:Hati Hati, Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Nanas Berlebihan bagi Kesehatan, Tak Baik Bagi Penderita Penyakit Ini

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 11-13 Nopember 2023 dipusatkan di Hotel Shangratu kota Jambi dengan dibagi menjadi dua kelas.

Ketua dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Faradillah Zahara Bachyuni SH menyatakan berdasarkan hasil kunjungan dan monitoring kerajinan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, maka Anyaman dan Perca ini sangat potensial untuk dikembangkan, maka Dekranasda memprogram pelatihan kedua jenis kriya ini. 

Faradillah juga menyampaikan fokus kegiatan Dekranasda dalam Dua tahun belakangan adalah meningkatkan kompetensi perajin kriya, melakukan terobosan untuk mutu atau kualitas SDM perajin, disamping tentu melakukan upaya promosi dan menciptakan usahawan generasi muda untuk dilakukan pelatihan.

Sementara itu Pj bupati Muaro Jambi dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Pemda kabupaten Muaro Jambi berkomitmen untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat. 

BACA JUGA:5 Shio yang Paling Disegani dalam Dunia Bisnis

BACA JUGA:Ternyata Buah Mangga Membantu Mengurangi Jerawat, Simak Faktanya

"Saya sangat mengapresiasi kepada Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi yang konsisten membina Perajin kriya, sehingga pelaku IKM UMKM dapat menjadi handal dalam produksi dan hasil produksinya diminati oleh masyarakat Indonesia," tandasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: