Wajib Dukung Palestina, MUI Terbitkan Fatwa Beli Produk yang Dukung Agresi Israel

Wajib Dukung Palestina, MUI Terbitkan Fatwa Beli Produk yang Dukung Agresi Israel

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang hukum dukungan terhadap Palestina.-ist/jambi-independent.co.id-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menegaskan, mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel hukumnya wajib. 

Sebaliknya, mendukung Israel dan mendukung produk yang dukung Israel hukumnya haram.

kata dia, mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram.

Hal ini disampaikan Prof Niam saat menyampaikan hasil fatwa MUI, Jumat 10 November 2023 di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Polisi Korea Selatan Salut dengan Penanganan Narkotika ala BNN RI

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Jadi Irup Upacara Ziarah Peringatan Hari Pahlawan

Karena itu, Guru Besar Ilmu Fikih UIN Jakarta ini mengimbau umat Islam semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk Israel dan yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme.

“Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina saat ini hukumnya wajib. Maka kita tidak boleh mendukung pihak yang memerangi Palestina, termasuk penggunaan produk yang hasilnya secara nyata menyokong tindakan pembunuhan warga Palestina,” ujar Kiai Niam.

Lebih lanjut, pengasuh Pesantren Al-Nahdlah Depok ini menyatakan bahwa dukungan terhadap kemerdekaan Palestina termasuk dengan mendistribusikan zakat, infaq dan sedekah untuk kepentingan perjuangan rakyat Palestina. 

“Umat Islam diimbau untuk mendukung perjuangan Palestina, seperti gerakan menggalang dana kemanusian dan perjuangan, mendoakan untuk kemenangan, dan melakukan shalat ghaib untuk para syuhada Palestina”, tegas Prof Niam menyampaikan rekomendasi fatwa.

BACA JUGA:Bersama by U, Konsumen dapat 1 GB Tiap 1 Gol untuk Indonesia di Laga Bola Dunia

BACA JUGA:Alhamdulillah, Harga Sawit di Jambi Periode 10-16 November 2023 Naik, Jadi Segini

Fatwa Nomor Nomor 83 Tahun 2023 Tentang tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina ini juga merekomendasikan agar pemerintah mengambil langkah-langkah tegas membantu perjuangan Palestina.

Di antaranya melalui jalur diplomasi di PBB untuk menghentikan perang dan sanksi pada Israel, pengiriman bantuan kemanusiaan, dan konsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel menghentikan agresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: