Balai POM di Jambi Monev Program Prioritas Nasional di Muaro Jambi

Balai POM di Jambi Monev Program Prioritas Nasional di Muaro Jambi

BPOM Jambi--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Balai POM Jambi melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Program Prioritas Nasional yaitu Program Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS) Aman dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK), pada hari kamis 16 November 2023 bertempat di hotel Yello.

Kegiatan yang dihadiri oleh 72 orang peserta dari Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Camat Sungai Gelam, Camat Jaluko, Camat Mestong, Kepala Desa beserta Kader Keamanan Desa yang diintervensi, Kepala Sekolah beserta Kader Keamanan Pangan Sekolah yang diintervensi, serta Fasilitator Keamanan Pangan Pasar sebagai Pasar yang diintervensi.

Dikatakan Kasubag TU Balai POM Jambi , Fuani Farid, S. Farm., Apt. Monev ini bertujuan untuk memastikan hal-hal yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan untuk mengetahui hasil serta dampak dari program tersebut sehingga dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan program ditahun berikutnya.

Saat ini Balai POM Jambi telah melakukan intervensi terhadap 3 (tiga) desa di Kabupaten Muaro Jambi yaitu Desa Tangkit, Desa Maro Sebo dan Desa Suka Maju. Sementara pada program PJAS, intervensi dilakukan terhadap 7 sekolah yaitu SDN 44, SDN 141, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 7, SMPN 8 dan SMAN 2, ungkap Fuani.

BACA JUGA:Kecelakaan, Angkutan Batu Bara di Jambi Makan Korban Lagi, Pemotor Tewas Ditabrak di Panerokan, Bajubang

Sedangkan program pasar aman berbasis komunitas, intervensi dilakukan terhadap Pasar Sengeti. saya berharapan kepada stakeholder terkait bahwa perlunya keberlanjutan dan replikasi program yang diinisiasi BPOM ini dengan pengganggaran yang dibebankan pada APBD sehingga program-program ini dapat mencangkup lebih luas di kabupaten Muaro Jambi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Muaro Jambi, Budhi Hartono,  mengapresiasi dan berterima kasih kepada Balai POM di Jambi atas komitmen penuhnya dalam memajukan keamanan pangan di Muaro Jambi baik dari Desa, Sekolah dan Pasar. Beliau menyampaikankan kepada stakeholder terkait agar dapat menganggarkan di anggaran OPD masing-masing agar program-program ini terus berlanjut dan diperluas ke desa, sekolah dan pasar lainnya di wilayah Muaro Jambi.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Dearah untuk keberlanjutan Program Prioritas Nasional ini, stakeholder yang hadir menandatangani rencana aksi Desa Pangan Aman tahun 2024. Sementara sebagai bentuk apresiasi kepada desa, sekolah dan pasar yang diintervensi, Balai POM di Jambi memberikan Piagam Penghargaan atas komitmen dalam melaksanakan Program Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS) Aman dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, paparnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: