BPBD Tanjab Timur Apresiasi Peran Aktif SKK Migas-PetroChina Dalam Penanggulan Bencana

BPBD Tanjab Timur Apresiasi Peran Aktif SKK Migas-PetroChina Dalam Penanggulan Bencana

BPBD Tanjab Timur Apresiasi Peran Aktif SKK Migas-PetroChina Dalam Penanggulan Bencana--

MUARASABAK,JAMBI INDEPENDENT.CO.ID - Bertempat di kantor Lurah Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur, Rabu 25 Oktober 2023, kegiatan sosialisasi pengenalan dan perencanaan pembentukan desa/kelurahan tangguh bencana dilaksakan.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara pihak SKK Migas-PertoChina International Jabung Ltd bersama pihak BPBD Kabupaten Tanjab Timur yang bersumber dari dana corporate social responsibility (CSR) ini bertujuan untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat Kabupaten Tanjab Timur dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat.

Baik itu yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam, maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Bertindak selaku pemateri dalam kegiatan ini yaitu, Suhandra, selaku Community Development (Comdev) PetroChina International Jabung Ltd, Sekretaris BPBD Kabupaten Tanjab Timur, Indra Sakti Gunawan, bersama beberapa orang Kabid dan stafnya dan diikuti pula oleh pihak kelurahan serta 30 anggota Destana itu sendiri yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, anggota PKK dan relawan desa/kelurahan.

BACA JUGA:SKK Migas-PetroChina Bersama Pemkab Tanjab Timur Menggelar Sosialisasi Destana

BACA JUGA:Di Kabupaten Tebo, Banyak Wanita Kena Hipertensi, Yuk Simak Cara Mencegah dan Mengatasinya

Dalam sesi wawancara, Sekretaris BPBD Kabupaten Tanjab Timur, Indra Sakti Gunawan, mengutarakan bahwasanya kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

"Ini adalah tahun ketiga dilaksanakannya kegiatan pembentukan Destana di Kabupaten Tanjab Timur, yang merupakan kerjasama antara pihak SKK Migas-PertoChina International Jabung Ltd bersama pihak BPBD Kabupaten Tanjab Timur," ucapnya.

Karena ini adalah bentuk kerjasama antara Pemkab Tanjab Timur, dalam hal ini pihak BPBD setempat dan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, oleh karena itu, Indra S Gunawan menjelaskan, untuk pembentukan Destana masih di fokuskan di sekitar area kerja dari perusahaan Migas tersebut, yakni di Kecamatan Geragai.

"Dari diskusi yang sudah kami lakukan tadi dengan Pak Suhandra selaku Community Development (Comdev) PetroChina International Jabung Ltd, kemungkinan di tahun depan juga akan dilakukan pembentukan Destana di kecamatan lainnya di kabupaten ini," jelasnya.

BACA JUGA:PLN UP3 Jambi Pastikan Keandalan Listrik jelang STQH Nasional ke XXVII dan Cuaca Ekstrem di Jambi

BACA JUGA:Polres Merangin Amankan Pelaku Pengedar Uang Palsu

Lebih lanjut Indra S Gunawan juga menyebutkan, selama ini peran aktif dan keikutsertaan dari pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Tanjab Timur sungguh sangat baik.

Bahkan, berkat koordinasi yang baik antara pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, bersama petugas gabungan lainnya dalam menanggulangi beberapa bencana yang terjadi di Kabupaten Tanjab Timur, dalam hal ini di sekitar area kerja mereka, munculnya suatu bencana bisa segera ditanggulangi dengan cepat, sehingga tidak mengakibatkan kondisi yang terlalu parah.

"Karena pihak SKK Migas-PetroChina memiliki regu dan peralatan yang sangat memadai. Jadi setiap ada bencana yang terjadi di beberapa lokasi yang ada disekitar wilayah kerja mereka, respon cepat pasti akan mereka lakukan untuk turut serta menanggulanginya," pungkasnya. (pan)*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: