Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Bisa jadi Faktor Lingkungan

Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Bisa jadi Faktor Lingkungan

rambut rontok -Foto : ilustrasi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rambut rontok pada pria dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Hal ini pun perlu diketahui oleh setiap pria, terutama yang tengah dihadapkan dengan masalah rambut rontok.

Biar makin paham, ketahui beberapa faktor penyebab rambut rontok pada pria berikut ini:

Usia

Usia dapat menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Meskipun kerontokan rambut umumnya terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, beberapa faktor yang terkait dengan usia juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut pada pria.

Salah satu faktor yang berperan adalah perubahan hormon. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon tertentu dalam tubuh dapat berubah. Perubahan hormon ini dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Selain itu, faktor genetik juga dapat memainkan peran penting dalam kerontokan rambut pada pria. Penuaan juga dapat menyebabkan penurunan kualitas rambut. Rambut menjadi lebih tipis, kering, dan rapuh seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

BACA JUGA:Karhutla, Hutan Pinus di Bukit Semancik Sungai Penuh Terbakar

BACA JUGA:Ditlantas Polda Jambi Terima Penghargaan Pelayanan SINAR terbaik dari Korlantas Polri

Faktor Genetik

Sebagaimana yang telah disebutkan, faktor genetik ternyata dapat menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Jika ada anggota keluarga yang mengalami kebotakan atau rambut rontok, maka kemungkinan besar Anda juga rentan mengalaminya. Faktor genetik ini dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kerontokan rambut.

Perubahan Hormon

Seperti disebutkan sebelumnya, erubahan hormon juga dapat menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Hormon yang berperan dalam pertumbuhan rambut, seperti hormon testosteron, dapat mengalami perubahan yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Misalnya, penurunan kadar hormon testosteron dapat menyebabkan kerontokan rambut pada pria.

Pada remaja pria, perubahan hormonal terjadi karena hormon dihydrotestosterone yang mengikat testosterone di folikel rambut. Hal tersebut dapat menyebabkan kebotakan. Itulah kenapa perubahan hormonal ini dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: