Hujan Buatan di Jambi Belum Maksimal, Sekda Provinsi Jambi Sudirman Bilang Begini

Hujan Buatan di Jambi Belum Maksimal, Sekda Provinsi Jambi Sudirman Bilang Begini

Sekda Provinsi Jambi Sudirman-dok/jambi-independent.co.id-

Selain itu, Pemprov Jambi juga akan kembali mengajukan hujan buatan atau TMC kembali. "Kita lihat dulu beberapa hari ini, nanti kita evaluasi," ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam dua hari kemarin sejumlah wilayah di Jambi sempat diguyur hujan. Namun, curah hujan tersebut tidak terlalu lebat.

BACA JUGA:Bye-bye Kriput, Ini 4 Tips Riasan Sederhana untuk Wanita Usia 40-an

BACA JUGA:Komedian Bedu Bantah Keras Jika Terlilit Utang Pinjol Sampai Jual Rumah

Hingga saat ini musim kemarau di Provinsi Jambi masih terus berlangsung. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Selain itu, akibat musim kemarau di beberapa Kabupaten/ Kota di Provinsi Jambi mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berupa hujan buatan untuk mengurangi dampak karhutla dan mengurangi titik hotspot di wilayah Provinsi Jambi.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, deputi kedaruratan mengambil kesimpulan untuk dilakukan TMC atau hujan buatan khsusus di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Ditahan KPK Kasus Korupsi Suap Ketok Palu RAPBD Jambi, NasDem Berhentikan Istri Mantan Gubernur Jambi, Rahima

BACA JUGA:Tak Kooperatif, Suami Zaskia Gotik Diminta KPK Hadir Usai Mangkir Berulang Kali

Menurut dia, hal ini dilakukan berkaitan dengan banyaknya asap yang mengganggu masyarakat di Provinsi Jambi.

TMC dilakukan sesuai arahan dari Gubernur Jambi, agar kabut asap yang dibawa melalui udara dengan arah angin dari tenggara dapat dikurangi.

"Asap ini masuk ke Kota Jambi. Saya pastikan asap tidak berasal dari karhutla di daerah Provinsi Jambi," katanya, Jumat 6 Oktober 2023.

Bachyuni menjelaskan, hujan buatan dilakukan sejak 3 hingga 7 Oktober 2023. Dalam melakukan TMC, BNPB menyemai 1.500 liter garam yang didatangkan dari Jakarta.

BACA JUGA:10 Tips Mudah Mencegah Keuangan Tidak Merosot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: