Bedakan Kebutuhan dan Keinginan, Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Aman Akhir Bulan

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan, Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Aman Akhir Bulan

Tips mengatur keuangan keluarga-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini tips mengatur keuangan keluarga. Bedakan kebutuhan dan keinginan ya...Sehingga kondisi keuangan mu bisa baik baik saja.

Dalam menjalani rumah tangga, hal penting yang tidak boleh kalian tinggalkan adalah mengatur keuangan keluarga. Sehingga pengeluaran bisa sebanding dengan pendapatan. 

Mengatur keuangan keluarga sangatlah penting. Sebab, ada banyak kebutuhan yang harus didahulukan. Anda pun harus bisa memilah mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dinomor dua kan.

Mengatur keuangan rumah tangga menjadi pekerjaan rutin tahunan agar setiap individu dapat menjalankan rencana sesuai target. 

BACA JUGA:Kualitas Udara Tidak Sehat Akibat Karhutla, Disdik Provinsi Jambi Perpanjang Masa Belajar dari Rumah

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mantan Kasat Pol PP Kota Jambi Yan Ismar Meninggal Dunia

Berikut tips mengatur keuangan keluarga :

1 Catat pengeluaran

Catatan pengeluaran yang rapi akan membantu kita mengetahui kemana saja uang pergi. Dengan adanya catatan, kita akan lebih mudah melihat dan mencari akar masalah keuangan yang kita alami dan lebih mudah pula dalam mencari solusinya. 

Catatan juga membantu kita melakukan review dan evaluasi terhadap tujuan yang ingin kita capai di tahun ini sehingga target tidak menjadi sekadar wacana saja.

2. Berkomunikasi dan terbuka dengan pasangan.

Jika kalian sudah berkeluarga, sudah bukan waktunya lagi untuk menabukan obrolan seputar keuangan rumah tangga dengan pasangan. Jika sebelumnya tak sempat dilakukan, sempatkanlah tahun ini untuk bisa mengobrol soal keuangan secara rutin dengan pasangan. Kalau perlu, buatlah anggaran bersama di awal bulan.

 Lakukan review bersama di akhir bulan. Masing-masing harus jujur dan terbuka mengenai kondisi keuangan yang ada. Jika ada masalah, duduklah berdua dan cari solusi terbaik.

BACA JUGA:Open Donasi, Adik Rafisky Penderita Jantung Bocor dan Down Syndrom Butuh Biaya Untuk Operasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: