Bedakan Kebutuhan dan Keinginan, Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Aman Akhir Bulan

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan, Ini Tips Mengatur Keuangan Keluarga agar Aman Akhir Bulan

Tips mengatur keuangan keluarga-Foto : ilustrasi-Net

BACA JUGA:Pengamanan Pemilu 2024, Irwasda Polda Jambi Cek Kesiapan Polres Tanjab Barat

 3. Disiplin.

Jika sudah membuat anggaran serta menentukan tujuan dan prioritas, langkah berikutnya adalah disiplin untuk merealisasikannya. Ajak pasangan untuk turut berkomitmen pada apa yang sudah direncanakan. Dengan demikian, prioritas bisa tetap menjadi prioritas, sementara kebutuhan lain juga tetap terpenuhi.

Tujuh tips mengatur keuangan rumah tangga di atas semoga membantumu untuk memulai kebaikan awal tahun ini. Selamat mencoba.

4. Kenali kondisi keuangan.

Meskipun kita sudah dinyatakan bebas dari jurang resesi, faktanya dunia masih banyak mengalami masalah. Bukan tak mungkin situasi ini akan berdampak juga ke Indonesia seperti krisis energi dan krisis pangan. Jadi, ada baiknya untuk mulai melihat kondisi keuangan kita sendiri secara realistis.

Ada baiknya kita catat seluruh penghasilan yang ada. Misalnya, apakah portofolio investasimu bertambah? Apakah Anda sekarang memiliki penghasilan sampingan? Punya bisnis online shop? Catat semua penghasilan yang masuk sehingga kita tahu bagaimana kemampuan finansial di awal tahun ini.

BACA JUGA:Kebakaran Gudang BBM Ilegal di Tanjab Barat, Polres Tanjab Barat Periksa Sejumlah Saksi

BACA JUGA:6 Shio yang Akan Merasakan Kejayaan Setelah Perjuangan Keras

 5. Tentukan tujuan

Apa yang menjadi keinginan yang ingin diwujudkan di tahun ini? Tak harus selalu tujuan akhir, kamu bisa saja membuatnya menjadi sebuah garis start. Mulailah dengan membuat tujuan keuanganmu tahun ini.

6. Tentukan prioritas

Mungkin kita punya banyak sekali daftar keinginan dan tujuan yang ingin dicapai tahun ini. Namun, sumber dana kita terbatas. Lalu bagaimana?

Tenang, di sinilah kamu bisa menentukan prioritas. Tak salah jika punya banyak keinginan. Untuk bisa memastikan semua bisa diusahakan dan dicapai, kamu harus menentukan prioritas. Di sinilah kondisi kemampuan finansialmu akan menentukan.

Sesuaikan keinginan dan tujuan dengan kondisi finansialmu. Mana yang harus kamu capai tahun ini, mana yang bisa ditunda ke tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: