Dukung UMKM Ultra Mikro di Desa Intervensi, Balai POM di Jambi Gandeng Kemenkeu dan PNM

Dukung UMKM Ultra Mikro di Desa Intervensi, Balai POM di Jambi Gandeng Kemenkeu dan PNM

Balai POM di Jambi Gandeng Kemenkeu dan PNM --

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-BPOM di Jambi melaksanakan pengawalan di desa yang telah diintervensi keamanan pangan tahun 2022 di Hotel Luminor, Kot Jambi. Kegiatan diikuti oleh 3 orang Lurah dan 45 orang Kader Keamanan Pangan Desa yang berasal dari Kelurahan Kasang, Kelurahan Ulu Gedong dan Kelurahan Thehok Kota Jambi. Pengawalan Desa Pangan Aman bertujuan untuk memastikan bahwa desa yang telah diintervensi melaksanakan program keamanan pangan secara keberlanjutan.
 
Kegiatan pengawalan desa dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jambi, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kabid Pengelolaan Data Gender dan Anak, Ibu Rosdalia, SH., MH. Beliau mengapresiasi BPOM di Jambi dan Kader Keamanan Pangan Desa Kota Jambi yang telah mengedukasi masyarakat dan pelaku usaha kota Jambi dalam menerapkan praktek keamanan pangan. “Program ini tentu telah memberikan kontribusi besar bagi penurunan angka stunting kota Jambi” tambah Beliau.
 
Sementara Kepala balai POM di Jambi, yang diwakili oleh Ketua Tim Infokom, Ibu Febriany Martiana Nasel, S. Si., Apt., M.A.B. menyampaikan bahwa pengawalan desa dilaksanakan untuk mengetahui tindak lanjut dari rencana program keamanan pangan yang telah disusun oleh desa. “Kader Keamanan Pangan Desa diharapkan dapat terus memberikan pendampingan praktek keamanan pangan kepada masyarakat desa dan pelaku usaha pangan desa sekaligus mendorong pelaku usaha ini untuk mendapatkan rekomendasi MD/SPP-IRT dan atau Sertifikat Hygiene Sanitasi”.
 
Dalam upaya untuk mendorong pelaku usaha pangan desa untuk menghasilkan produk yang aman dan bermutu, BPOM di Jambi bersinergi dengan Kementrian Keuangan (Kanwil DJPb Jambi) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk dapat sharing informasi terkait pemodalan yang dapat diperoleh oleh UMKM binaan Kader Keamanan Pangan di desanya masing-masing. Pada kesempatan ini, hadir Bapak Lilik Kurniawan dari Kanwil DJPb Jambi. Beliau menyampaikan materi terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan oleh perbankan dan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang disalurkan oleh PT PNM. Sementara dari PT PNM, yang dihadiri oleh Wakil Kepala Cabang Bapak Joko Supriyanto, SH. MM., menyampaikan materi terkait program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (MEKAR) yang diperuntukkan bagi pembiayaan Usaha Ultra Mikro.
 
BPOM di Jambi selalu mendukung kegiatan Kader Keamanan Pangan dalam melakukan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat desa untuk sampai pada tingkat keamanan pangan desa mandiri.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: