Indonesia Masih Menjanjikan, SKK Migas dan KKKS Temukan Cadangan Migas Baru dengan Pengeboran di Laut Dalam

Indonesia Masih Menjanjikan, SKK Migas dan KKKS Temukan Cadangan Migas Baru dengan Pengeboran di Laut Dalam

Pengeboran lepas pantai laut dalam-ist/jambi-independent.co.id-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Indonesia membuktikan masih menjadi wilayah yang menarik untuk dilakukan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi, bahkan pada area frontier dan tinggi risiko. 

Ketertarikan untuk melakukan kegiatan eksplorasi di laut dalam dilakukan oleh Major International Oil & Gas Company (IOC) yang menegaskan bahwa potensi hulu migas di Indonesia masih menarik bagi investor. 

Sejak tahun 2022 Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Harbour Energy telah mulai melakukan pengeboran laut dalam sekaligus play opener di area Andaman. 

Tahun 2023, giliran Major IOC Eni melalui Eni North Ganal Ltd melakukan tajak sumur eksplorasi di laut dalam, selanjutnya beberapa KKKS  lainnya sudah merencanakan untuk melakukan tajak sumur eksplorasi di laut dalam.

BACA JUGA:Panji Gumilang Ditahan Bareskrim, Bagaimana Nasib Santri di Ponpes Al Zaytun? Begini Kata Menag Yaqut

BACA JUGA:Kepolisian Hentikan Festival Swarnabumi, Pasca Pengemudi Perahu Wakil Wali Kota Jambi Meninggal Dunia

“Major IOC telah membuktikan keseriusan mereka untuk menggarap potensi eksplorasi yang high risk, tentunya ini menunjukkan bahwa daya tarik investasi kita masih menjanjikan," kata Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto di Jakarta Kamis 3 Agustus 2023.

Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan, karena potensi hulu migas nasional saat ini banyak terdapat di laut dalam. 

Lebih lanjut Dwi menyampaikan bahwa eksplorasi di laut dalam menjadi salah satu fokus penemuan cadangan migas ke depan.

Hal ini sejalan dengan upaya SKK Migas menggenjot kegiatan eksplorasi untuk mendukung ketersediaan cadangan migas untuk mencapai target 2030 yaitu produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

BACA JUGA:Ini Alasan Menghidrasi dan Melembabkan Kulit dalam Pemakaian Produk Skincare itu Berbeda

BACA JUGA:5 Shio yang Dinaungi Malaikat Rezeki, Hidup Sejahtera dan Harta Berlimpah

Harbour Energy telah memulai pengeboran laut dalam sekaligus play opener di area Andaman melalui pengeboran Sumur Timpan-1 yang membuahkan penemuan gas signifikan di perairan tersebut. 

Pada tanggal 21 Juli 2023, Eni North Ganal Ltd berhasil melakukan tajak Sumur Geng North-1 di kedalaman air sekitar 1.950 meter di lepas pantai Cekungan Kutai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: