Survei Sigma Idea Indonesia, Popularitas dan Elektabilitas Incumbent Masih di Peringkat Atas

Survei Sigma Idea Indonesia, Popularitas dan Elektabilitas Incumbent Masih di Peringkat Atas

Survei Sigma Idea Indonesia, incumbent masih teratas-Foto : Jennifer Agustia-Jambi-independent.co.id

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kontestasi politik lima tahunan di Provinsi Jambi, sudah menghadirkan nama-nama bakal calon Gubernur Jambi. Sejumlah nama bermunculan seperti incumbent Al Haris, Romi Haryanto, Sy Fasha, dan sejumlah tokoh lainnya, yang berkemungkinan maju di Pilgub Jambi 2024. 

Para tokoh-tokoh ini, harus merebut hati rakyat, agar dipilih. Popularitas dan elektabilitas mereka, menjadi acuan apakah bisa terpilih atau tidak menjadi pemimpin Jambi. 

Lembaga survey, sudah mulai melakukan analisa terhadap kans para tokoh itu. Salah satunya Lembaga Survei Sigma Idea Indonesia, yang telah mulai melakukan survey dari akhir Juni lalu, hingga 20 Juli 2023.

Jumat, 28 Juli 2023, Sigma Idea Indonesia secara resmi merilis hasil survey mereka. Dari survey tersebut , incumbent Al Haris masih berada di posisi teratas, baik popularitas dan elektabilitas. Kemudian, posisi Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto merangkak naik bahkan mengalahkan Walikota Jambi Sy Fasha. 

BACA JUGA:SK Pjs Rektor Unbari Digugat, dari Soal Cacat Wewenang sampai Penundaan Gaji Dosen

BACA JUGA:Penipuan dengan Modus Mengatasnamakan BPJS Kesehatan, Masyarakat Diminta Hati-hati

Agung Hidayat, Direktur Operasional Sigma Idea Indonesia memaparkan, popularitas Al Haris berada di angka 93,1 persen, Sy Fasha 68,7 persen, Romi Haryanto 55,60 persen. 

Sementara itu, untuk elektabilitas Al Haris 23,6 persen, disusul oleh Romi Haryanto 15 persen dan Sy Fasha 13,5 persen. 

"Survey ini dilakukan pada periode 28 Juni hingga 20 Juli 2023, dengan sebaran responden sebanyak 1.200 responden yang terdiri dari 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Survey dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan Margin of Error 2,9 persen," katanya. 

BACA JUGA:Satpam PT PAM Sarolangun Tewas Usai Ditembak Pencuri Sawit, 3 Orang Warga Pauh Diamankan

BACA JUGA:Lagi, Ditreskrimsus Polda Jambi Amankan 24.000 Liter BBM Ilegal asal Provinsi Sumatera Selatan

Agung melanjutkan, dalam survey kali ini terlihat beberapa kandidat memiliki perbedaan yang signifikan antara popularitas dan elektabilitas. Ia mengatakan hal itu cukup berpengaruh dalam pemilihan Gubernur Jambi mendatang. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: