Kejadian Kebakaran Lahan Gambut di Tanjab Timur Meningkat di 2023

Kejadian Kebakaran Lahan Gambut di Tanjab Timur Meningkat di 2023

Kejadian kebakaran gambut di Tanjabtim meningkat di 2023-Foto : dok/Harpandi-Jambi-independent.co.id

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kabupaten Tanjab Timur saat ini fokus dalam penanganan kebakaran lahan di vegetasi gambutnya.

Ini karena wilayah Tanjab Timur menjadi salah satu wilayah yang memiliki lahan gambut terluas di Provinsi Jambi.

Selama semester pertama di tahun 2023, beberapa kejadian kebakaran lahan yang terjadi di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini telah ditanggulangi dengan cepat dan tepat oleh pihak terkait.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Timur, Helmi Agustinius mengatakan, dari bulan Januari hingga Juni 2023, beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten ini.

BACA JUGA:Perombakan Pejabat Eselon III dan IV Besar Besaran Tunggu Restu Gubernur, Bachyuni : Dalam Waktu Dekat

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan yang Hemat dan Selalu Memikirkan Tabungan

Dimana, dari data yang dimiliki oleh BPBD Kabupaten Tanjab Timur, selama satu semester tahun 2023 inj, ada 9 hektar lahan yang dilahap si jago merah.

"Berkat koordinasi yang baik dan respon cepat dari seluruh tim gabungan, setiap ada musibah kebakaran lahan di beberapa kecamatan, bisa dengan cepat ditanggulangi agar jangan semakin meluas," ucapnya.

Dirinya juga memaparkan, kebakaran lahan tersebut terjadi di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjab Timur, yakni di Kecamatan Nipahpanjang dengan total 0,0033 hektar.

Kemudian Kecamatan Muarasabak Barat dengan jumlah lahan yang terbakar pada semeseter satu tahun 2023 sebanyak 0,5 hektar.

BACA JUGA:Polda Jambi Tahan 5 Petani, Warga Kumpeh Blokir Pintu Masuk PT FPIL: Tolong Pak Jokowi

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan yang Hemat dan Selalu Memikirkan Tabungan

"Dan kebakaran lahan yang terluas di semester satu tahun ini berlokasi di Kecamatan Sadu, dengan jumlah 8,50 hektar. Karhutla itu seluruhnya berada di vegetasi gambut," paparnya.

Helmi menjelaskan, jumlah kebakaran lahan di tahun ini lebih meningkat jika dibanding tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: