Cerita Rakyat Sumatera Utara, Kisah Dayang Bandir dan Sandeang Raja

Cerita Rakyat Sumatera Utara, Kisah Dayang Bandir dan Sandeang Raja

Ilustrasi mahkota. -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

Paman Kareang mengetahui bahwa Dayang Bandir lah yang menyembunyikan pusaka itu. Dia berusaha memaksa keponakannya itu untuk menyerahkan pusaka kepadanya.

“Jika kau tak mau, maka kau akan kuhukum,” ancamnya. Namun, Dayang Bandir tak takut.

Sejak saat itu, Paman Sareang kesal. Dia selalu marah-marah pada Dayang Badir. Dayang Bandir pun lama-lama jadi tak betah berada di istana. Dia sering pergi meninggalkan istana dan baru pulang saat sore menjelang.

BACA JUGA:Menggali Sejarah Hari Bhayangkara Diperingati Setiap Tanggal 1 Juli, Ternyata Istilah dari Zaman Majapahit

Suatu hari, Dayang Bandir tak pulang-pulang ke istana. Sandean Raja amat cemas dan dia melapor pada Paman Sareang.

Mendengar kabar ini, Paman Sareangyang lalu meminta pengawalnya untuk mencari Dayang Bandir. Ternyata, para pengawal menemukan Dayang Bandir telah meninggal karena digigit ular berbisa di dalam hutan.

Sandean Raja amat sedih. Berbeda dengan Paman Sareang yang diam-diam merasa senang. Dia berpikir, itu artinya dia bisa bebas mencari pusaka kerajaan yang selama ini disembunyikan dan dijaga oleh Dayang Bandir.

Usahanya pun berhasil. Setelah menemukan pusaka kerajaan, Paman Sareang semakin pongah. Saat Sandean Raja sudah dewasa, Paman Sareang tak mau menyerahkan takhta padanya. Akhirnya, Sandean Raja memilih untuk pergi meninggalkan istana.

BACA JUGA:Cerita Rakyat Sumatera Utara, Asal Muasal Danau Toba

BACA JUGA:Gaya Outfit Berdasarkan Setiap Zodiak, Gemini Ekspresif, Virgo Praktis dan Rapi!

Dalam perjalanan, Sandean Raja mendengar bisikan suara dari kakaknya, Dayang Bandir. “Pergilah ke Kerajaan Barat, temui Raja Sorma. Dia adalah kakak dari ibu kita. Dia tak culas seperti Paman Sareang.”

Raja Sorma sangat terkejut melihat kedatangan Sandean Raja. Dia bingung. Ta percaya kalau Sandean Raja itu adalah benar-benar keponakannya. “Bukankah kedua keponakanku telah tewas digigit ular berbisa?” ucapnya ragu. 

Dia lalu ada ide. Dia ingat bahwa semua keturunan keluarga mereka, memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal luar biasa.

"Jika kau benar-benar Sandean Raja, maka turutilah perintahku,” kata Raja Sorma lagi. Raja Sorma lalu meminta Sandean Raja untuk memindahkan sebatang pohon dari hutan ke istana. 

BACA JUGA:Loker BCA 2023 Terbaru, Ada 7 Posisi yang Dibutuhkan, Cek Syarat dan Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: