Legenda Batu Belah Batu Betangkup, Cerita Rakyat dari Aceh

Legenda Batu Belah Batu Betangkup, Cerita Rakyat dari Aceh

Batu Belah Batu Betangkup--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Indonesia memiliki beragam budaya yang menarik untuk diikuti. Ragam suku budaya yang tersebar luas, melahirkan berbagai cerita menarik. Rerata legenda dan cerita rakyat ini membawa pesan moril yang sangat positif.

Legenda Batu belah adalah salah satunya. Cerita rakyat ini sangat populer di Aceh. Ceritanya terus menerus ada di tengah-tengah masyarakat.

Batu belah ini berada di Takengon, Aceh Tengah. Tempat itu kini menjadi obyek wisata yang terkenal. Banyak masyarakat yang ingin melihat secara langsung bentuk dan lokasi batu belah ini yang terkenal dari cerita rakyat ini.

Nama awalnya adalah atu belah, yang punya arti yaitu batu yang membelah. Cerita rakyat ini masih terus lestari.

BACA JUGA:Ini Kronologis Jatuhnya Mantan Plt Sekda Kota Jambi Marjani, Menurut EGM Angkasa Pura II

BACA JUGA:Waduh! Buntut Kasus Pungli Rp 4 Miliar di Rutan KPK, Puluhan Petugas KPK Diberhentikan, Ini Kata Mahfud MD

Bentuk memang unik. Terlihat sebuah batu, yang entah kenapa bagian tengahnya terbelah. Wisatawan banyak mengabadikan momen mereka dengan berswafoto di depan atu belah ini, berkaitan dengan cerita rakyat di baliknya..

Keberadaan batu ini ternyata punya legenda dan cerita rakyat yang kuat yang diturunkan dari para leluhur Tanah Gayo. Legenda ini mengisahkan keluarga miskin dan pertengkaran karena kelalaian.

Sebuah legenda dan cerita rakyat yang terus berkembang sejak dulu, hingga kini. Kisah yang sangat sarat dengan pesan moril, dan layak untuk diceritakan pada anak-anak.

Kalian sendiri, apakah sudah pernah mendengar tentang legenda Atu Belah ini? 

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Mantan Plt Sekda Kota Jambi Marjani Tutup Usia

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan yang Punya Aura Ceria, Pesonanya Buat Bahagia

Mari kita ikuti Legenda Batu Belah

Jauh di sudut terpencil Tanah Gayo, h­iduplah sebuah keluarga yang amat miskin. Untuk makan sehari-hari, Ayah berburu ke dalam h­utan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: