Kisah Abu Nawas Mengelabui Tuan Tanah yang Pelit

Kisah Abu Nawas Mengelabui Tuan Tanah yang Pelit

Ilustrasi pelit. Abu Nawas berhasil mengalahkan tuan tanah yang pelit.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

Lima hari kemudian, Abu Nawas kembali ke rumah tuan tanah itu. Mengembalikan telur 3 menjadi 5 butir. Melihat 5 butir telur betapa senangnya Tuan tanah itu. Tuan tanah lalu menanyakan kepada Abu Nawas apakah ia akan meminjam lagi.

Abu Nawas lalu meminjam piring tembikar sebanyak 2 buah. Tuan tanah itu memberikan dengan senang hati dan berharap piringnya itu menjadi banyak. Lima hari kemudian Abu Nawas datang dengan membawa 3 piring tembikar. 

BACA JUGA:Pencari Kerja Hati-hati, Iming-iming Gaji Tinggi Kerja di Luar Negeri Jadi Modus TPPO

BACA JUGA:Cerita Abu Nawas Menang Lomba Berburu

Walaupun tidak sesuai dengan yang diharapkan, tetapi hatinya cukup gembira karena dua piring dulu hanya melahirkan 1 anak saja.

Tak mengapa pikir sang tuan tanah karena bisa saja orang mempunyai anak tunggal bahkan tidak memiliki anak.

Abu Nawas dan Tuan tanah itu sama-sama senang. Oleh karena itu tuan tanah meminjamkan uang senilai 1.000 dinar Jumlah yang sangat besar, gaji buat seluruh karyawan dan pekerjanya selama 1 bulan.

Tuan tanah itu berangan-angan bahwa uang yang dipinjam Abu Nawas nanti akan diapakan karena akan banyak beranak.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas, Mengenal Tokoh Legendaris yang Sangat Terkenal Ini

BACA JUGA:PetroChina International Jabung Ltd Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting di Tanjab Timur

Tuan tanah itu menanti dengan tidak sabar. Ditunggu selama iima hari, Abu Nawas tidak kunjung datang. Hampir satu bulan, Abu Nawas juga tidak datang.

Saat tuan tanah akan mendatangi rumah Abu Nawas dengan anak buahnya, Abu Nawas datang, Mulanya tuan tanah gembira. Tapi sesudah Abu Nawas menjelaskan persoalannya, bukan main marahnya tuan tanah itu.

“Sayang sekali tuan. Uang yang saya pinjam itu, bukannya beranak, malah tiga hari kemudian mati mendadak,” kata Abu Nawas.

Mendengar kata-kata itu betapa geramnya tuan tanah. Hampir saja Abu Nawas dihajar anak buah tuan tanah. Untung saja ada teman-teman Abu Nawas yang baru pulang dari bekerja.

BACA JUGA:Meledak! Kapolda Jambi dan Karem 042/Gapu Tambah Hadiah di Bhayangkara Fun Run Polda Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: