Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Naik Signifikan Jelang Idul Adha

Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Naik Signifikan Jelang Idul Adha

Harga bawang merah dan putih naik signifikan-Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriyah, harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Tradisional Muara Bungo, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo mengalami kenaikan Signifikan. Pada Selasa, 20 Juni 2023.

Harga bawang merah naik dari Rp 24 ribu per kilogram menjadi Rp 28 ribu per kilogram. Sementara harga bawang putih naik dari Rp 34 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ini dipengaruhi oleh penurunan pasokan bawang putih yang semakin menurun, sementara permintaan mulai meningkat menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah. 

Salah satu pedagang bahan pangan di Pasar Atas Muara Bungo, Ismail, mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini telah terjadi selama seminggu terakhir.

BACA JUGA:Buruan Daftar..!! Ada Bantuan Modal Kerja untuk UMKM hingga Miliar Rupiah dari Pemprov Jambi, Begini Caranya..

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan yang Paling Penyayang, Orangnya Lembut dan Hangat Banget

Ismail menjelaskan bahwa kenaikan harga tersebut disebabkan oleh kurangnya pasokan bawang putih, terutama karena mereka mendapatkan bawang dari agen yang juga telah menaikkan harganya. 

Meskipun harga bawang putih mengalami kenaikan yang drastis, pedagang tetap berusaha menyediakan stok yang cukup untuk menyambut tradisi Idul Adha.

Pedagang tersebut biasanya membeli sekitar 100 kilogram bawang putih setiap harinya, dan hal tersebut masih bisa dilakukan hingga saat ini. Meskipun demikian, kenaikan harga bawang merah lokal juga terjadi meskipun tidak sebesar kenaikan harga bawang putih. 

Harga bawang merah saat ini mencapai Rp 35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 32 ribu per kilogram.

BACA JUGA:BNNK Batanghari Berhasil Amankan Pelaku Peredaran Narkotika

BACA JUGA:Orasi di Mapolda Jambi, Mahasiswa Minta Kapolda Tangkap Baroq Angsari CS Dugaan Pelaku Illegal Mining

Namun, harga beberapa komoditas lainnya masih stabil, seperti cabai merah, cabai hijau, tomat, dan wortel. Harga cabai merah saat ini masih bertahan di Rp 28 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih ini telah mempengaruhi daya beli masyarakat, terutama karena harga hasil pertanian sawit dan karet juga mengalami penurunan. Jika daya beli terus menurun, dampaknya dapat dirasakan pada sektor ekonomi yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: