SUBHANALLAH !! Ternyata 4 Sungai Yang Ada di Bumi Ini Dialirkan Dari Surga, Indah dan Eksotis

SUBHANALLAH !! Ternyata 4 Sungai Yang Ada di Bumi Ini Dialirkan Dari Surga, Indah dan Eksotis

4 Sungai yang artinya berasal dari surga-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ternyata, ada 4 Sungai yang ada di Bumi ini airnya berasal dari surga. Mata air surga yang diturunkan melalui 4 Sungai yang ada di bumi. Sungguh indah dan eksotis.

 

Ada banyak sungai di bumi yang memiliki pemandangan indah dan eksotis. Saat berada di sungai tersebut, suasana yang terlihat sangat nyaman dan damai.

 

Ternyata, ada beberapa sungai di bumi yang mata airnya berasal dari surga . Sungai sungai ini berasal dari surga sehingga tidak heran sungai tersebut istimewa dan memiliki makna khususnya bagi umat Islam.

Inilah mengapa, dalam hadis riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW pernah mengatakan ada sejumlah sungai yang merupakan "jelmaan" dari surga. 

BACA JUGA:Harga BBM Pertamina Masih Turun Nih, Cek Harga Pertalite-Pertamax per Rabu 31 Mei 2023

BACA JUGA:Jangan Lakukan 3 Kebiasaan Buruk Ini, Bikin Rezeki makin Seret dan Bikin Hidup Susah

 

Meski ada banyak nama sungai di dunia, hanya ada empat sungai yang disebutkan Rasul, yakni Sungai Seihan, Jeihan, Nil, dan Eufrat. “Semuanya adalah sungai-sungai surga,” kata Rasul bersabda dalam riwayat Muslim. 

 

Dalam banyak penjelasannya, konon sumber mata air sungai-sungai tersebut adalah jelmaan dari surga lapisan yang paling bawah. Sumber mata air ini dilindungi oleh sepasang sayap malaikat Jibril. Ia menitipkannya pada gunung yang kemudian mengalirkannya ke Bumi. Berikut ini adalah sungai yang diberkahi itu:

 

Sungai Nil

 

Sungai dengan panjang 6.650 km ini merupakan sungai terpanjang di dunia yang membelah sembilan negara, di antaranya, Etiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Ruwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir.

Aliran airnya berasal dari pegunungan Kilimanjoro, Afrika Timur, dan mengalir dari arah selatan ke utara dan bermuara di Laut Tengah. Sungai ini selain kaya manfaat juga sarat dengan sejarah. Di pinggiran sungai inilah, peradaban datang silih berganti.  

BACA JUGA:Promo Alfamart Hari ini, Ada Harga Spesial Pakai BNI

BACA JUGA:Polres Bungo dan Polda Jambi Ajak Warga SAD Tidak Menggunakan Kecepek

Sungai Seihan

 

Seihan merupakan sungai terbesar yang berada di Yordania (dahulu wilayah Syam) dan juga termasuk sungai terpanjang di Turki karena airnya mengalir sampai ke Laut Mediterania. Panjang Sungai ini adalah 560 km.

 

Aliran air sungai ini mengalir dari perbukitan Anadolu di pegunungan Ante Toros. Sungai ini melewati Adana, dan bermuara di Laut Tengah, di timur laut Teluk Iskandarun. Anak sungai utamanya adalah Zamant dan Goksu yang bersatu di Aladag. Adana kemudian membentuk Sungai Seyhan. Di Adana, aliran Sungai Seihan dibendung menjadi sebuah dam yang berfungsi untuk irigasi, tenaga listrik, dan pengendali banjir.

 

 

Sungai Eufrat

Sungai dengan panjang 2.781 km ini melintasi tiga negara, yaitu Turki, Suriah, Irak. Bersama Tigris, sungai ini mencatat sejarah panjang dalam peradaban kuno Mesopotamia. Banyak kota purba berdiri di tebing sungai ini, seperti Kota Mari, Sippar, Nippur, Shuruppak, Uruk, dan Eridu. Lembah sungai ini juga membentuk pusat imperium Babilonia dan Assyria.

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: 

يوشك الفرات أن يحسر عن جبل من ذهب فمن حضره فلا يأخذ منه شيئاً

“Sungai ini akan mengering menjelang kiamat. Muncullah pegunungan emas yang hanya menimbulkan kekacauan. "Siapa yang menghadirinya, janganlah mengambilnya sedikit pun," kata Rasul bertitah. 

BACA JUGA:Jika Masuk Surga, Malaikat Ridwan Sambut dengan Ramah, Kalau Neraka? Api Saja Takut dengan Malaikat Malik

BACA JUGA:Resep Membuat Kopi Susu Gula Aren di Rumah dengan Bahan Simpel

Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda: 

فجرت أربع أنهار من الجنة: الفرات، والنيل، وسيحان وجيحان

“Fujjirat arba’atu anhaarin minal-jannati, Al-furaatu wa an-niilu, wa saihaana wa Jaihana.” 

Artinya, “Telah dipancarkan empat buah sungai dari surga, yakni Eufrat, Nil, Saihan (sungai yang terletak di bagian selatan Turki, Asia), dan Jaihan (sungai yang terletak di perbatasan antara Turki dengan Suriah).” 

Tentang Sungai Eufrat

Sementara yang banyak dibahas yakni Sungai Eufrat, karena sejarahnya dan menjadi tanda-tanda kiamat yang disebut Rasulullah SAW. 

Mengutip buku Dasar-Dasar Memahami Iman, Islam, dan Ihsan karya Ipnu R Noegroho, salah satu tanda-tanda kiamat adalah munculnya gunung emas di sungai Eufrat. Hal ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda:

BACA JUGA:Siap-siap, PPDB Tahun 2023 di Sarolangun akan Dimulai Bulan Juni, Catat Jadwalnya

BACA JUGA:Yes! Cek Harga Pertalite-Pertamax per Selasa 30 Mei 2023, Harga BBM Pertamina Turun

Tidak akan tiba hari kiamat hingga Sungai Eufrat menampakkan timbunan emas. Manusia saling membunuh karenanya. Dan setiap seratus orang terbunuh sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka berkata, 'Semoga akulah yang beruntung.'" (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat Imam Muslim pun, Ubay bin Ka'ab mengatakan bahwa:

"Hampir tiba masanya, Sungai Eufrat surut menyingkapkan gunung emas. Jika orang-orang mendengar hal itu, mereka berjalan ke sana. Maka, orang-orang yang ada di sana mengatakan 'Jika kita membiarkan orang-orang mengambilnya, mereka pasti akan mengambil seluruhnya.' Maka, mereka bertempur di atasnya sehingga dari setiap seratus orang akan terbunuh sebanyak sembilan puluh sembilan orang." (HR Muslim)

Mengutip buku Ensiklopedia Kiamat oleh TIM GIP, terdapat hadits riwayat lain menyebutkan tentang Sungai Eufrat. Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Diduga Mengidap Epilepsi, Seorang Pria Tenggelam di Sungai Bram Itam Tanjab Barat

BACA JUGA:Ternyata Mengandung Emas..!! Ini 3 Uang Koin Emas Bernilai Hingga Rp 200 Juta, Kenali Ciri Cirinya

"Hampir saja Sungai Eufrat menyibak gunung emas sehingga manusia saling membunuh demi gunung emas itu hingga dari setiap 10 orang yang terbunuh, seorang yang selamat." (HR Ahmad)

Setelah Sungai Eufrat surut dan muncul gunung emas, maka terjadilah peperangan karena memperebutkan emas-emas. Oleh karena itu, akan ada korban akibat orang-orang memperebutkan emas itu dan saling membunuh. 

Kondisi Sungai Eufrat

Menurut laporan dari The Inventory of Conflict and Environmental, terdapat sebuah proyek dari GAP yang akan memanfaatkan air Sungai Eufrat. Mereka membuat 22 buah dam dan 19 PLTA. Oleh karena itu, Turki saat ini hanya memanfaatkan sedikit dari air sungai tersebut.

Berdasarkan laporan dari Marwa Dauudy kepada World Commission Dams, pembangunan GAP tersebut mengambil sebanyak 50 persen dari aliran air Sungai Eufrat di perbatasan Turki dan Suriah. Proyek tersebut menyebabkan tersisa sekitar 50 persen untuk negara Suriah dan Irak.

BACA JUGA:Jangan Lakukan 3 Kebiasaan Buruk Ini, Bikin Rezeki makin Seret dan Bikin Hidup Susah

BACA JUGA:Curi Motor dan Keroyok Pemuda di Jelutung, 4 Orang Termasuk Ibu Hamil di Kota Jambi Diamankan Polsek Jelutung

Cara Selamat dari Godaan Gunung Emas di Sungai Eufrat

Salah satu cara agar selamat dari fitnah gunung emas di Sungai Eufrat adalah dengan menghindar. Segera menghindar dan menjauh jika sudah sudah terlanjur melihat gunung tersebut.

Jangan sampai memperebutkan, apalagi sampai membunuh satu sama lain. Hal itu hanya akan membuat penyesalan dan bisa menjerumuskan manusia ke neraka.

Rasulullah SAW bersabda,

"Hampir tiba masanya Sungai Eufrat kering dan menampakkan gunung emas. Maka, barang siapa datang untuk melihatnya, janganlah ia mengambil bagian sedikitpun dari gunung emas tersebut." (HR Muslim). *

Artikel ini juga tayang di rbtv.com

Dengan judul masyaallah 4 Sungai di bumi ini mengalir dari surga salah satunya tanda kiamat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rbtvcamkoha.com