Gawat Nih! Sudah 281 Titik Panas Terpantau di Provinsi Jambi, Tanjab Barat Penyumbang Terbesar

Gawat Nih! Sudah 281 Titik Panas Terpantau di Provinsi Jambi, Tanjab Barat Penyumbang Terbesar

Antisipasi Karhutla, Polda Jambi turunkan personil-Foto : Humas Polda Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.iD - Titik panas (hotspot) di Provinsi Jambi sudah mulai terpantau. Artinya, seluruh pihak sudah harus waspada, terlebih memasuki musim kemarau ini agar bisa terhindar dari kebakaran hutan dan lahan alias karhutla

Ratusan titik panas, sudah terpantau sepanjang 2023 ini. Setidaknya ada 281 titik panas yang ditemukan. Terbanyak berada di Kabupaten Tanjab Barat, yakni sebanyak 137 titik panas

281 titik panas itu, terpantau oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, dengan tingkat kepercayaan 30 hingga 79 persen. 

Taufik, Prakirawan BMKG Provinsi Jambi mengatakan, memang penyumbang titik panas terbanyak adalah Tanjab Barat. Selebihnya, tersebar di beberapa kabupaten lainnya. 

BACA JUGA:INFO! Ini Nama Lengkap Komisioner KPU Terpilih dari 20 Daerah di Indonesia Periode 2023 - 2028

BACA JUGA:Larang Truk Batu Batu Melintas, Warga Batanghari Blokir Jalan

"Tanjab Barat paling banyak, 137 titik panas," katanya. Selain di Tanjab Barat, titik panas ditemukan di Merangin sebanyak 41 titik, Batanghari sebanyak 23 titik, Kabupaten Bungo sebanyak 23 titik, dan Sarolangun 27 titik. Kemudian, di Kerinci sebanyak 3 titik, Muarojambi 8 titik, Tebo sebanyak 22 titik, dan Tanjab Timur sebanyak 5 titik. 

Taufik mengatakan, titik panas yang terpantau itu, tidak otomatis merupakan titik api. Karena titik panas bisa dikatakan titik api, ketika tingkat kepercayaannya sudah mencapai 80 hingga 100 persen. "Kalau yang terpantau itu 30 sampai 79 persen, belum bisa dipastikan itu titik api," ujarnya. 

Pihak BMKG juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta unsur terkait lainnya. Sehingga pencegahan Karhutla bisa dilakukan dengan cepat. 

Diketahui, saat ini sebagian besar Provinsi Jambi masih dalam musim pancaroba, peralihan musim hujan ke musim kemarau. Musim pancaroba ini, kondisi cuaca tidak menentu. Dengan suhu yang lebih panas dari biasanya, serta bisa juga terjadi hujan lebat, disertai angin kencang. 

BACA JUGA:Segera Tinggalkan, Ini 5 Penyebab Rezeki Kamu Masih Sempit dan Terhalang

BACA JUGA:Bikin Rezeki Seret, Jangan Biarkan Hewan Ini Masuk Rumah, Malaikat Pemberi Rezeki Tak Suka

Sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, ikuti pelaksaaan apel Siaga Darurat Penanganan Bencana Kekeringan dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2023 pada Senin, 8 Mei 2023.

Kegiatan apel yang dilaksanakan di Lapangan Makorem 042/Gapu tersebut dipimpin oleh Gubernur Jambi Al Haris dan dihadiri juga oleh Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI  Supriono, PJU Polda Jambi dan PJU Korem 042/Gapu Jambi serta para Kepala OPD Provinsi Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: