Waspada ..!! Ini Ciri Ciri Handphone yang Kena Sadap, Begini Cara Mengatasinya

Waspada ..!! Ini Ciri Ciri Handphone yang Kena Sadap, Begini Cara Mengatasinya

Ciri ciri dan mengatasi HP yang disadap-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tanpa disadari, terkadang handphone yang kita miliki bisa saja disadap oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

 

Padahal, handphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat privasi. Banyak hal yang disimpan di dalam handphone seseorang.

 

Namun, ada saja pihak yang tidak bertanggungjawab yang akan melakukan penyadapan untuk kepentingan tertentu.

 

Nah, sebelum handphone Anda disadap, sebaiknya Anda mengetahui ciri ciri handphone yang kena sadap. Sehingga jika Anda mengetahui atau mencurigai jika Handphone Anda disadap,maka Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya.

BACA JUGA:Gelombang Panas Melanda Dunia, Kapankah El Nino akan Berakhir? BMKG Beri Penjelasan

BACA JUGA:Kades Rukam dan 11 Saksi Dipanggil Penyidik Kejari Muaro Jambi

Berikut ini ciri-ciri jika Hp sedang disadap.

HP lambat

 

Kamu merasa performa HP menjadi lebih lambat? Bisa jadi HP kamu disadap sehingga membebani sumber daya Hp atau bentrok dengan aplikasi lain.

Tentu saja kita tidak menginginkan jika perangkat elektronik kita disadap. Jika Anda yakin Hp Anda sedang disadap, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya

Data internet tinggi

 

Tanda lain HP diretas oleh hacker adalah penggunaan data internet yang lebih tinggi dari biasanya. Bisa jadi, ada malware atau aplikasi mata-mata (spy app) yang terus berjalan untuk mengirimkan informasi ke server lain.

 

Baterai HP gampang habis

 

Baterai HP memang akan berkurang dari waktu ke waktu, akan tetapi jika habisnya tidak wajar, bisa jadi HP kamu memiliki aktivitas yang dijalankan oleh hacker. Bisa saja, perangkat dikuras habis baterainya untuk mengirimkan informasi yang ada ke server pelaku kriminal.

BACA JUGA:Lebih Tajam dari Pedang, Gambaran Jembatan Shiratal Mustaqim, Hanya Golongan Manusia Ini Mampu Melewatinya

BACA JUGA:Kasus Ketok Palu, KPK Resmi Tahan Satu Tersangka Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi

 

Ada SMS dan panggilan mencurigakan

 

Jika kamu menyadari daftar SMS atau panggilan mencurigakan yang tidak pernah kamu lakukan, bisa jadi itu kerjaan hacker! Hacker membebani biaya panggilan dan pesan dengan memotong pulsa pengguna.

Bisa saja smartphone tersebut disusupi adware, suatu bentuk malware yang memanen klik dan uang korban. Kalau sudah begitu, kamu harus waspada dan cepat membersihkan HP agar data di HP aman.

1. Mendeteksi upaya penyadapan melalui kode *#21#

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat ponsel yang digunakan sedang disadap atau tidak adalah dengan langsung memeriksanya. 

Ada beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek langsung, yaitu *#21#. Melalui kode USSD tersebut, pengguna bisa mengetahui dengan cepat apakah terjadi penyadapan ponsel ataukah tidak. 

BACA JUGA:Pasca Diterjang Angin Puting Beliung, 33 Bangunan di Kuala Jambi Tanjab Timur Alami Kerusakan

BACA JUGA:Kasus Ketok Palu, KPK Resmi Tahan Satu Tersangka Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi

Selain dengan kode tersebut di atas, ada kode lain yang juga bisa digunakan, yakni kode *#61#. Cukup masuk ke menu panggilan (phone), lalu ketik kode tersebut lalu tekan panggil atau klik ikon telepon. Beberapa saat kemudian akan muncul pemberitahuan tentang ponsel tersebut.

2. Mengatasi HP yang disadap dengan menggunakan kode #002#

Selain menggunakan kode USSD yang telah dijelaskan sebelumnya, disarankan juga untuk menggunakan kode rahasia lain yaitu, #002#. Cukup tekan kombinasi angka dan simbol tersebut di menu panggilan telepon, lalu tekan panggil.

Diketahui, kode tersebut berperan untuk menonaktifkan segala bentuk pengalihan panggilan pada ponsel yang kamu gunakan. Dengan kata lain, kode ini bisa digunakan untuk menghentikan aksi penyadapan yang dilakukan oknum tidak kenal. 

3. Perhatikan penggunaan aplikasi VPN yang terpasang pada HP

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi aksi penyadapan pada HP yang digunakan adalah dengan memperhatikan penggunaan aplikasi VPN yang terpasang pada perangkat tersebut. Perlu diketahui, bahwa VPN memiliki kemampuan untuk mengenkripsi seluruh jaringan internet pada ponsel. 

BACA JUGA:Soal Macet Akibat Angkutan Batu Bara di Jambi, Ini Perintah Khusus Presiden Jokowi ke Gubernur Jambi

BACA JUGA:Rajin Inovasi, Bank Mandiri Tambah Fitur Buka Rekening Tambahan di Livin

 Hal ini kemudian memperbesar kemungkinan pengambilalihan data-data yang ada di dalamnya. Bukan hanya sekedar disadap, bahkan seluruh informasi yang terdapat di dalam perangkat HP tersebut cenderung lebih berisiko mengalami peretasan dan pencurian data pribadi pengguna. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya penyadapan pada perangkat HP pribadi yang digunakan, coba perhatikan lagi penggunaan aplikasi VPN selama ini. Alangkah baiknya, jika bisa lebih cermat lagi saat menggunakan aplikasi tersebut disesuaikan untuk kebutuhan yang memang penting saja. 

4. Factory reset adalah solusi terbaik untuk mengatasi HP yang disadap

Pilihan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah perangkat HP yang mengalami penyadapan adalah dengan melakukan reset pabrik atau factory reset. 

Sesuai dengan namanya, langkah ini memaksa kamu untuk mereset ulang perangkat agar kembali seperti perangkat awal ketika baru membelinya dari konter hp. Atau mengembalikan semua pengaturan yang sudah dilakukan menjadi pengaturan pabrikan. 

Langkah yang satu ini dipercaya mampu mengatasi tindak penyadapan pada HP dengan cukup ampuh. Karena langkah factory reset ini akan menghapus segala bentuk data sekaligus aplikasi yang terinstall dalam perangkat yang digunakan. Terutama menghapus aplikasi rahasia yang tersembunyi di dalam perangkat tersebut. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Datang ke Jambi, Sejumlah Pedagang Pasar Talang Banjar Terima Bantuan

BACA JUGA:BSI: Data dan Dana Aman, Nasabah dapat Bertransaksi secara Aman

Perlu diketahui, sebagian besar aplikasi untuk menyadap HP dibuat dengan kecanggihan tertentu. Bahkan, diantaranya tidak bisa dideteksi dengan cara yang mudah. Oleh sebab itulah, satu-satunya cara paling praktis dan tepat untuk mengatasi permasalahan penyadapan tersebut adalah dengan menghapus semua pengaturan sekaligus data yang tersimpan pada HP ke pengaturan pabrik. 

5. Menghubungi call center sesuai operator yang digunakan pada HP

Bisa dibilang, cara untuk mengatasi HP yang disadap satu ini adalah cara paling mudah dan anti repot daripada cara sebelumnya. Pasalnya, pengguna hanya perlu menghubungi layanan call center sesuai provider atau operator seluler yang digunakan. 

Namun, tetap perlu untuk selalu berhati-hati saat menghubungi layanan tersebut. Sebab, tak sedikit pula tindak penipuan yang mengatasnamakan call center perusahaan provider tertentu. Sehingga mereka lebih leluasa menipu korbannya dengan iming-iming penyelesaian masalah terkait.

Bukan mendapat penyelesaian masalah atas penyadapan yang terjadi, kamu malah justru tertipu dan jadi korban tindak kriminal lainnya. Jika sudah begitu, kamu harus melakukan upaya lebih supaya tidak mengalami kerugian yang lebih fatal di kemudian hari. 

BACA JUGA:Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Sambut Kehadiran Presiden Joko Widodo di Jambi

BACA JUGA:Ngamuk Sampai Gebrak Meja! Panji Gumilang Tak Terima Ponpes Al Zaytun Dibilang Sesat: Kami Profesional!

Artinya, jika kamu memang tidak ingin mengalami kerugian yang lebih fatal dalam bentuk apapun terkait penipuan yang dilakukan dengan penyadapan HP ini, maka jadilah pribadi yang ekstra hati-hati terhadap situasi dan masalah apapun. Terlebih soal penggunaan ponsel. *


 

Artikel ini juga tayang di rbtv.com

Dengan judul awas hp disadap berikut tanda hp disadap dan cara mengatasinya

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rbtvcamkoha.com