Sederet Kebaikan Sirih Cina, Mulai Pengobatan Hingga Usir Nyamuk

Sederet Kebaikan Sirih Cina, Mulai Pengobatan Hingga Usir Nyamuk

Sirih cina-istimewa-google

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam bahasa Latin Sirih Cina disebut Piper sarmentosum yang meruapkan tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk China, Indonesia, dan Malaysia. 

Tanaman ini sering dikenal sebagai daun kaduk di Indonesia, daun kadok di Malaysia, dan juga dikenal dengan sebutan Chinese Betel di beberapa negara.

Sirih Cina manfaatnya telah lama digunakan dalam pengobatan herbal tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, seperti demam, sakit kepala, batuk, dan rematik, di mana Sirih Cina juga diyakini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Daun Sirih Cina memiliki rasa yang sedikit pedas dan aromatik, dan sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam hidangan makanan atau sebagai pengobatan herbal. 

BACA JUGA:Begini Strategi PLN Icon Plus Hadirkan Layanan Internet Cepat

BACA JUGA:Alami Peningkatan Selama Puasa Ramadan, Volume Sampah di Batanghari Capai 35 Ton per Hari

Beberapa manfaat sirih Cina bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol, di mana daun sirih Cina mengandung flavonoid dan fitosterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena Sirih Cina mengandung vitamin C dan E, yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

BACA JUGA:Dua Pelajar Alami Kecelakaan di Desa Tegal Arum- Rimbo Bujang Terima Santunan Meninggal Dunia Jasa Raharja

BACA JUGA:Polsek Mestong Bekuk Spesialis Curanmor Asal Kasang Pudak Tanpa Perlawanan

3. Mengatasi diabetes, pada daun sirih Cina mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

4. Mencegah kanker, daun Sirih Cina mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

5. Meningkatkan produksi ASI, selain itu daun Sirih Cina mengandung senyawa flavonoid yang dapat merangsang produksi ASI pada ibu menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: