Latihan TRC Satgas Karhutla Resmi Ditutup, Danrem 042/Gapu Harap Dapat Berikan Kesiapsiagaan Atasi Karhutla

Latihan TRC Satgas Karhutla Resmi Ditutup, Danrem 042/Gapu Harap Dapat Berikan Kesiapsiagaan Atasi Karhutla

Kasi Ops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, selaku Pimpinan Umum Latihan diwakili Kasi Ops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto bertindak selaku Inspektur Upacara Penutupan Latihan dan Pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satgas Karhutla Provinsi JAMBI tahun 2023.

Kegiatan itu bertempat di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti- Musa Kec. Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Selasa 21 Maret 2023. 

Latihan tersebut sudah dilaksanakan selama 2 hari ini mengambil tema "Melalui Latihan dan Pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, Siap Mendukung Menanggulangi Bencana Karhutla di wilayah Provinsi Jambi" dan diikuti unsur  TNI, POLRI, BPBD Provinsi  Jambi, Manggala Agni dan TRC PT. Sinar Mas.

Dalam amanat Danrem 042/Gapu yang dibacakan oleh Kasi Ops Kasrem, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara beserta seluruh perangkat latihan yang terlibat sehingga latihan ini bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Waka DPRD Pinto Jayanegara Konsultasi ke Kementerian Perhubungan, Bahas Polemik Angkutan Batu Bara di Jambi

BACA JUGA:Jalan Tergenang Banjir Akibat Naiknya Debit Sungai Batanghari, Dua Mobil Terperosok

Lebih lanjut Danrem berharap dengan latihan ini dapat memberikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bagi kita semua dalam rangka mengatasi bencana karhutlah di Provinsi Jambi. 

Dengan latihan ini pula diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan TRC satgas karhutlah dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan tugas penanggulangan bencana alam. 

Di akhir amanatnya, Danrem memyampaikan agar semua materi baik pengetahuan dan ketrampilan yang telah di berikan dapat diaplikasikan dengan baik nantinya di lapangan.

Adapun materi yang dilatihkan dalam latihan kali ini antara lain, Basic Fire, Strategi Pemadam, TRC Operatin, Helitack Crew, Safety Heli, Boarding, Pick Up dan Drop, dan Simulasi Pemadaman Heli dan Airboat.

BACA JUGA:Wuih, Ternyata Segini Angkutan Batu Bara Non BH yang Beroperasi di Jambi, Siap-siap Disanksi Mulai 1 Mei 2023

BACA JUGA:Warga Jambi Selundupkan 14 Kg Sabu dan 9 Ribu Pil Ekstasi, Disimpan dalam Kardus

Sebelum upacara penutupan terlebih dahulu dilaksanakan simulasi penanganan kebakaran baik dengan alat tradisonal sampai pemadaman dengan water bomming,  dengan kerja sama team yang baik acara simulasi dapat dilaksanakan dengan baik. 

Hadir pada upacara penutupan ini Karoops polda Jambi, Kalak BPBD Prov Jambi, Ka Basarnas Prov dan Kota Jambi Kasat Pol PP Prov, Ka Manggala Agni dan TRC PT Sinar Mas serta Kepala Buper Abdurrahman Sayoeti-Musa Jambi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: