Ternyata, Manusia hanya Butuhkan 11 Menit dalam 1 Hari Untuk Olahraga, Bisa Kurangi Resiko Kematian

Ternyata, Manusia hanya Butuhkan  11 Menit  dalam 1 Hari Untuk Olahraga, Bisa  Kurangi Resiko Kematian

olahraga-Foto : ilustrasi-Pixabay

 

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ternyata manusia  hanya butuh waktu 11 menit dalam 1 hari untuk olahraga loh. Hal ini bisa mengurangi resiko kematian.

Aktivitas olahraga atau aerobik dengan intensitas sedang hingga kuat setiap hari agar dapat menurunkan risiko kematian dini.

Hal ini berdasarkan studi terbaru yang mengungkapkan bahwa ternyata manusia hanya butuh waktu 11 menit saja untuk berolahraga dalam 1 hari. Justru waktu 11 hari ini menurunkan resiko kematian.

Degan berolahraga 11 menit saja setiap hari juga mampu mencegah risiko kanker, dan juga penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:Serah Terima Jabatan 6 JPU dan 3 Kapolsek Polres Batanghari

BACA JUGA:SLB Sri Soedewi Maschun Sofwan Kebakaran, Rugi Ratusan Juta

Hal ini berdasarkan studi baru yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

Penulis penelitian menegaskan kembali sikap Organisasi Kesehatan Dunia bahwa melakukan beberapa aktivitas fisik setiap hari lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali – bahkan jika itu bukan jumlah total olahraga yang disarankan.

“Satu dari 10 kematian dini dapat dicegah jika setiap orang mencapai bahkan setengah dari tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan,” tulis para penulis, dikutip dari laman New York Post.

Aktivitas aerobik mencakup olahraga seperti jalan cepat, lari, bermain tenis, bersepeda, menari, dan mendaki, dan tingkat intensitas dapat diukur dengan detak jantung dan seberapa keras Anda bernapas.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: SLB Sri Soedewi Maschun Sofwan Jambi Kebakaran, 8 Kelas Ludes

BACA JUGA:Pengendara Terpaksa Putar Balik, Jambore Nasional TLCI di Tugu Keris Kota Jambi Disorot

Intensitas yang sedang dapat ditandai dengan kemampuan untuk berbicara tetapi tidak bernyanyi, sedangkan intensitas yang kuat akan membuat Anda tidak dapat melakukan percakapan.

Selain itu para penulis menambahkan bahwa 10,9 persen dan 5,2 persen dari semua kasus insiden menyebutkan penyakit kardiovaskular dan kanker dapat dicegah.

Para ilmuwan dari University of Cambridge Inggris mengumpulkan data dari 196 studi yang mengamati lebih dari 30 juta peserta dewasa selama rata-rata 10 tahun.

Para peneliti ingin melihat bagaimana tingkat risiko kematian dini dan penyakit kronis dipengaruhi oleh jumlah olahraga yang dilakukan seseorang dalam sehari.

BACA JUGA:Viral, Gerombolan Pemuda Bawa Sajam di Kota Jambi, Keoknya dengan Emak Emak

BACA JUGA:Stok BBM di Supply dari 3 Terminal Terdekat, Kebakaran Depo Pertamina Tak Pengaruhi Distribusi BBM

Partisipan yang telah melakukan olahraga minimal 150 menit setiap minggu (22 menit per hari), yang direkomendasikan oleh National Health Service, menjadi fokus utama penelitian.

Di luar aktivitas fisik terkait pekerjaan, 2 dari 3 orang berpartisipasi dalam aktivitas fisik intensitas sedang kurang dari 150 menit per minggu, sementara kurang dari 1 dari 10 dilaporkan aktif selama lebih dari 300 menit per minggu.

Hasil menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga ringan hingga berat yang direkomendasikan setiap minggu memiliki risiko kematian akibat penyebab apa pun 31% lebih rendah, risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 29% lebih rendah, dan risiko kematian akibat kanker 15% lebih rendah, dibandingkan kepada mereka yang tidak aktif. 

Peserta tersebut juga 27% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular dan 12% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker.

BACA JUGA:Jumlah Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Tercatat 600 Orang, 2 RW Rasakan Dampaknya

BACA JUGA:Polantas Harus Punya Attitude Baik, Kombes Guntor: Yang Bahaya Ini Knowledge dan Skill Baik, Attitude Buruk

Ketika mereka melihat peserta yang memotong setengah waktu minimum yang disarankan, para ilmuwan melihat bahwa 75 menit aktivitas intensitas sedang per minggu - 11 menit per hari - menghasilkan risiko kematian dini 23% lebih rendah.

 Itu juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 17% dan kanker sebesar 7%.

“Kami tahu bahwa aktivitas fisik, seperti jalan kaki atau bersepeda, baik untuk Anda, terutama jika Anda merasakannya meningkatkan detak jantung. Tapi apa yang kami temukan adalah ada manfaat besar untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker bahkan jika Anda hanya dapat melakukannya 10 menit setiap hari, "kata Profesor James Woodcock, dari Unit Epidemiologi MRC Cambridge, dalam sebuah pernyataan.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global. Pada 2019, 17,9 juta orang meninggal karenanya. Kanker adalah penyebab 9,6 juta kematian secara global pada tahun 2017.

BACA JUGA:Pebalap Astra Honda Turut Ramaikan Kejurnas Mandalika

BACA JUGA:Tour Laga Uji Coba, Tim Pra PON U-20 PSSI Jambi Kalahkan Tim Persija 1-0

Apa pun lebih dari 150 menit yang disarankan per minggu hanya memiliki manfaat tambahan yang lebih kecil.

"Jika Anda adalah seseorang yang menganggap gagasan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit seminggu agak menakutkan, maka temuan kami seharusnya menjadi kabar baik," kata penulis studi Søren Brage, pemimpin kelompok Epidemiologi Aktivitas Fisik di MRC. *

Artikel ini juga tayang di disway.id

Dengan judul catat ini jumlah waktu olahraga yang anda butuhkan per hari agar dapat kurangi resiko kematian dini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id