Apresiasi Gubernur Jambi Stop Aktivitas Batu Bara, Anggota DPRD Kemas Al Farabi Minta Target Penyelesaian

Apresiasi Gubernur Jambi Stop Aktivitas Batu Bara, Anggota DPRD Kemas Al Farabi Minta Target Penyelesaian

Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kemas Alfarabi-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Anggota DPRD Provinsi JAMBI, Kemas Al Farabi apresiasi Gubernur JAMBI, Al Haris stop aktivitas batu bara.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Kemas Alfarabi mengapresiasi keputusan Gubernur Jambi, namun ia menyebut sebaiknya harus ada target penyelesaiannya.

Pasalnya, tambah Kemas, seharusnya Gubernur Jambi persoalan aktivitas tambang batu bara ini, jangan sampai aktivitasnya ditutup sementara, namun setelah di buka kembali akan terulang seperti kemacetan kemarin.

“Hentikan aktivitas batu bara hingga jalan khusus itu selesai, sehingga ada beban dari perusahaan batu bara itu, kalau seperti ini takutnya pembangunan jalan khusus di ulur mereka,” kata Kemas, Kamis 2 Maret 2023.

BACA JUGA:Gusti Randa Tewas di Kamar Kos, Diduga karena Patah Hati

BACA JUGA:Sudah Distop Gubernur Jambi, Truk Batu Bara Malam Ini Masih Beraktivitas

Kemas juga menyebutkan, terkait jalan khusus batu bara, tidak semua perusahaan tambang batu bara yang ikut terlibat di jalan khusus itu, seluruh perusahaan tambang baik yang besar mau yang kecil harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan jalan khusus tersebut.

“Baru tiga perusahaan yang ikut berpartisipasi jalan khusus batu bara dari 21 perusahaan, seharusnya seluruh tambang yang ikut serta sehingga jalan khusus tersebut cepat terselesaikan,” tambahnya.

Selain itu, menurut Kemas Alfarabi permintaan batu bara dari kementrian BUMN itu sebanyak 40 juta ton pertahunnya, sedangkan cadangan batu bara di Provinsi Jambi ini sebesar 1,9 miliar ton baru bisa habis.

“Jadi 1,9 miliar ton ini baru bisa habis dalam waktu 100 tahun lagi, jadi kementrian BUMN ini tidak bijaksana, dikarenakan itu target begitu besar sebanyak 40 juta ton dalam setahun,” sebutnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ini Nama-nama Pejabat Eselon II Pemprov Jambi yang Dilantik Wakil Gubernur Jambi Malam Ini

BACA JUGA:Mobil Brio Terbalik di Perbatasan Muaro Jambi-Batanghari, Pengemudi dan Penumpang Kabur, Ini Keterangan Polisi

Targetnya begitu besar 40 juta ton dalam setahun tidak sebanding dengan bantuan dari perusahaan batu bara yang hanya memberi Rp 3,9 miliar.

“Jika diuangkan 40 juta ton itu uangnya 70 triliun, artinya gak sebanding hasil dengan bantuan, sangat terlalu jauh, mereka beralasan batu bara ini untuk membantu inflasi nasional agar terdongkrak, tapi nyatanya Jambi menjadi daerah yang paling tertinggi inflasinya mencapai angka 8,55 persen, ujung-unjungnya tetap masyarakat tekena dampaknya,” sambung Kemas Alfarabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: