Ternyata Bukan Hanya Valentine, Ini Momen Penting dan Bersejarah Setiap 14 Februari

Ternyata Bukan Hanya Valentine, Ini Momen Penting dan Bersejarah Setiap  14 Februari

Hari penting setiap tanggak 14 Februari-Foto : Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Tanggal 14 Februari pasti dikenal dengan hari kasih sayang atau hari valentine. Setiap orang akan mempersiapkan hari yang dianggap istimewa ini untuk berbagi kasih dengan orang tercinta.

Hanya saja, taukah Anda ternyata ada hari penting lain selain Valentine loh yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Sebab, sebagian besar kita hanya mengetahui bahwa 14 Februari identik dengan hari valentine atau hari kasih sayang saja.

Padahal, ada beberapa peristiwa lain yang terjadi pada 14 Februari, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Sebagai pencerahan, berikut kami ulas tentang 14 Februari merayakan hari apa, semoga mengobati rasa penasaran Anda. 

BACA JUGA:Masih Ada Hutang Puasa Ramadan Tahun Lalu? Saatnya Bayar Puasa Ramadan di Bulan Rajab, Ini Niat dan Keutamaann

BACA JUGA:Anti Ribet, Ini Cara Pinjol Legal OJK Limit Rp20 Juta

Hari Peringatan Pembela Tanah Air (PETA)

Bagi Anda yang mempelajari sejarah Indonesia, tentu sudah tahu tentang pasukan Pembela Tanah Air atau PETA. Pasukan PETA ini merupakan bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Kala itu, Jepang sebagai penjajah melatih para pemuda secara militer untuk bergabung dalam pasukan PETA. 

Pelatihan pasukan Peta dipusatkan di kompleks militer Bogor yang diberi nama Jawa Bōei Giyūgun Kanbu Resentai.

Pembentukan PETA dianggap berawal dari surat Raden Gatot Mangkoepradja kepada Gunseikan (kepala pemerintahan militer Jepang) pada bulan September 1943 yang antara lain berisi permohonan agar bangsa Indonesia diperkenankan membantu pemerintahan Jepang di medan perang.   Pada pembentukannya, banyak anggota Seinen Dojo (Barisan Pemuda) yang kemudian menjadi anggota senior dalam barisan PETA. 

BACA JUGA:Viral 2 Singa di Taman Safari Prigen Berkelahi Tabrak Mobil Pengunjung, Pemilik Mobil: Jujur Ane Gak Mau Damai

BACA JUGA:Anggota Densus 88 HS, Tersangka Pembunuh Sopir Taksi Online Bakal Sidang Etik

Ada pendapat bahwa hal ini merupakan strategi Jepang untuk membangkitkan semangat patriotisme dengan memberi kesan bahwa usul pembentukan PETA berasal dari kalangan pemimpin Indonesia sendiri.

Berkat usul Gatot Mangkoepradja yang terkesan pragmatis itu, lahirlah PETA. Dari situlah TKR kemudian terbentuk dan akhirnya menjadi TNI.  https://fin.co.id/read/124632/14-februari-memperingati-hari-apa-ternyata-bukan-hanya-valentineMaka tidak berlebihan jika gelar Bapak Pembela Tanah Air disematkan kepada Gatot Mangkoepradja walaupun ia tidak menyandang ketenaran layaknya Pahlawan Nasional. Gatot punya cara sendiri untuk membela tanah airnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com