Selain Menyajikan Tempat Wisata, Embung Bina Lestari Muntialo Merupakan Tempat Pelatihan Pencegahan Karhutla

Selain Menyajikan Tempat Wisata, Embung Bina Lestari Muntialo Merupakan Tempat Pelatihan Pencegahan Karhutla

Program pencegahan karhutla di Embung Bina Lestari.-umam/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Embung Bina Lestari yang berlokasi di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjab Barat merupakan salah satu tempat daerah resapan air sebagai pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Saat ini lokasi tersebut dimanfaatkan sebagai kawasan wisata edukatif. Pengembangan Embung Bina Lestari ini salah satu program tanggungjawab sosial SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd.

Mereka bekolaborsi dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sehingga kawasan ini dapat dimanfaatkan menjadi sektor wisata, edukatif dan peningkatan UMKM masyarakat setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Barat, Zulfikri mengatakan bahwa pemkab Tanjab Barat sangat mengapresiasi atas program pemberdayaan masyarakat PetroChina International Jabung Ltd terhadap kawasan Embung Bina Lestari di Desa Muntialo ini. 

BACA JUGA:Ketemu Kapolda Jambi, Manager PLN Jambi Sebut Masih Banyak yang Mencuri Arus Listrik

BACA JUGA:Asyik! Jalan Tol Betung-Jambi Mulai Dibangun Februari 2023 Ini? Gubernur Jambi Al Haris Bilang Begini

Menurutnya kawasan Betara termasuk Desa Muntialo merupakan daerah rawan karhutla.

"Kita mengapresiasi atas program pemberdayaan di Embung Bina Lestari ini sehingga banyak manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam hal pencegahan karhutla," kata Zulfikri.

Ia menyebut bahwa saat ini kawasan tersebut juga rutin dilaksanakan pelatihan bagi siswa secara dini sebagai antisipasi pencegahan karhutla.

"Fasilitas di sana sangat mendukung untuk dilaksanakan pelatihan, kita berkerjasama dengan pihak PetroChina International Jabung Ltd sudah beberapa kali melaksanakan pelatihan pencegahan karhutla," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: