Info Kesehatan : Waspada Ya..Ini 5 Bahaya Jahe Bagi Tubuh jika Dikonsumsi Berlebihan

Info Kesehatan : Waspada Ya..Ini 5 Bahaya Jahe Bagi Tubuh jika Dikonsumsi Berlebihan

Jahe berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan-Foto : Ilustrasi-Freepik

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Jahe merupakan salah satu rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Hanya saja, ternyata jahe tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika berlebihan, maka ada bahaya yang akan mengintai tubuh kita.

Intinya, Anda harus mengetahui berapa jumlah normal jahe yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari. Sehingga tidak berpengaruh atau tidak membahayakan bagi kesehatan Anda.

Sebenarnya, Jahe memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini membantu untuk mengalahkan mual, mual di pagi hari, peradangan, dan menstruasi menyakitkan. Namun ternyata ada beberapa efek samping dari jahe juga. Berlebihan dengan mengonsumsinya menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti dikutip dari JPNN.com

 BACA JUGA:Gubernur Jambi Dukung Pemkot Jambi Sanksi Truk Batu Bara yang Masuk Wilayah Kota

BACA JUGA:Tak Hanya Pantau Berandalan Bermotor, Kecamatan Hingga RT di Kota Jambi juga Patroli Truk Batu Bara Masuk Kota

Berikut ini beberapa efek samping terlalu banyak makan jahe, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Menginduksi perdarahan

 Terlalu banyak konsumsi jahe akan memperparah masalah pendarahan pada manusia.

Tahukah Anda bahwa jahe bisa menyebabkan pendarahan karena sifat antiplatelet (pengencer darah) yang dimilikinya. Jadi, berhati-hatilah saat mengonsumsinya. Apa pun yang berlebihan jumlahnya berbahaya bagi kesehatan. Jangan panik, waspadalah dengan jumlah jahe dalam diet Anda.

2. Diare

Apakah Anda bertanya-tanya mengapa kamu mengalami diare setelah makan jahe? Nah, salah satu alasannya mungkin karena Anda terlalu banyak memakannya.

Ya, Anda tidak salah dengar. Jahe cenderung mempercepat perjalanan makanan dan feses melalui usus, mengundang kegelisahan dan kelemahan.

Jadi, berhati-hatilah saat Anda berencana menambahkan jahe ke dalam makanan. Idealnya, lebih baik bertanya kepada ahlinya tentang jumlah yang Anda butuhkan untuk memakannya.

BACA JUGA:Naas, Nelayan di Kuala Tungkal Tewas Terbelit As Mesin Kapal

BACA JUGA:Berkas Telah Dilimpahkan ke PN Jakarta Barat, Irjen Teddy Minahasa Segera Jalani Persidangan

3. Menyebabkan mulas

Punya penyakit mag? Nah, Anda harus menghindari menambahkan terlalu banyak jahe ke dalam makanan. Ini akan berdampak pada sistem pencernaan bagian atas dan Anda akan merasa kembung dan mengandung gas, bersamaan dengan mulas.

Anda perlu menemui dokter setelah Anda melihat masalah mulas biasa sebelum menjadi serius.

 4. Sakit perut

Perut yang sakit bisa mencuri ketenangan pikiran Anda. Jahe cenderung merangsang sekresi empedu, yang membantu pencernaan. Namun, saat perut kosong, hal itu menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut.

 Gingerol yang ada dalam jahe mengiritasi lapisan lambung, membuatnya menghasilkan lebih banyak asam. Dengan demikian, akan ada gangguan perut.

Namun, ingatlah bahwa wanita hamil perlu menghindari jahe karena tidak dianjurkan untuk mereka.

BACA JUGA:Wali Kota Jambi Syarif Fasha Surati Kementerian ESDM Terkait Truk Batu Bara di Jambi, Ini yang Diminta

BACA JUGA:Siap Dukung SMSI Kabupaten Bungo, Ini Kata Ketua Dewan Penasehat SMSI Kabupaten Bungo

5. Iritasi mulut

 Mengonsumsi terlalu banyak jahe akan menyebabkan sindrom alergi oral. Banyak orang bisa alergi terhadap jahe. Seseorang mungkin mengalami pembengkakan mulut, iritasi, atau nyeri setelah makan jahe.

Jadi, Anda perlu waspada dan memeriksa apakah Anda juga alergi terhadapnya. Segera hentikan konsumsi jahe jika Anda mengalami iritasi mulut. *


 

 

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com