Nah loh, Pemerintah Pusat Sepakat Tak akan Perbaiki Jalan Nasional yang Dilalui Truk Batu Bara di Jambi

Nah loh, Pemerintah Pusat Sepakat Tak akan Perbaiki Jalan Nasional yang Dilalui Truk Batu Bara di Jambi

Truk batu bara tanpa nopol tabrak gardu PLN. Dirjen Bina Marga tak mau anggarkan perbaikan jalan nasional yang dilewati truk batu bara di Jambi.-ist/jambi-independent.co.id-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kunjungan kerja (kunker) spesifik yang dilakukan Komisi V DPR RI terhadap angkutan batu bara di Jambi, kembali dibahas.

Selasa 24 Januari 2023, dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat antara Komisi V DPR RI RDP dengan Dirjen Cipta Karya, Dirjen Bina Marga, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dan Kepala BPIW Kementerian PUPR.

Rapat yang digelar di DPR RI ini, salah satunya membahas permasalahan jalan nasional yang rusak, akibat truk batu bara yang melintasinya.

Dalam rapat tersebut, sepertinya harapan untuk perbaikan jalan nasional di Provinsi Jambi yang dilalui truk batu bara, sangat tipis.

BACA JUGA:Update Harga BBM Hari ini, Pertalite dan Solar Stagnan

BACA JUGA:Masih Nekat Masuk Kota Jambi, Truk Batu Bara Ini Terperosok di Kecamatan Jelutung

Pasalnya, pemerintah pusat menilai hal itu hanya membuang-buang tenaga. Ini karena, mereka menilai bahwa Provinsi Jambi tak ada niat untuk memperbaiki sistem.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian. Pihaknya kata dia, bisa saja mencari dana sebesar Rp1,2 triliun untuk perbaikan jalan nasional tersebut.

Tapi menurutnya itu bukan solusi. Karena jalan nasional itu tak akan lama bertahan dengan kondisi saat ini. “Kalaupun kita perbaiki Rp1,2 triliun, jangan-jangan tidak lama lagi. Ini bukan solusi,” kata dia.

Jawaban Hedy ini menjawab pertanyaan anggota Komisi V DPR RI H Bakri. Kata dia, setelah kunker spesifik beberapa waktu lalu, jika dihitung anggaran perbaikan jalan nasional itu butuh anggaran Rp1,2 triliun. "Kira-kira statemen dari kementerian, ada anggaran khusus atau tidak," tanya dia.

BACA JUGA:Ayo Daftar, KPU Buka Pendaftaran Calon Pantarlih Mulai Hari Ini

BACA JUGA:Info Loker 2023 : Buruan Daftar, BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan Kerja, Terbuka untuk Difabel

Hedy kemudian mengatakan, bahwa jalan itu instrumen, ibarat hardware. Aada tata cara menggunakannya. “Kalau cara menggunakannya tidak benar, pasti cepat rusak,” kata dia lagi.

Dia bahkan mengatakan, truk batu bara itu secara aturan harus lewat jalan khusus. Bukan lewat jalan nasional. “Kalau jalan ini digunakan untuk truk batu bara, yang secara aturan harus lewat jalan tambang, jalan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: