Komentari Usulan Kenaikan Biaya Ibadah Haji, Ini Kata Presiden Jokowi

Komentari Usulan Kenaikan Biaya Ibadah Haji, Ini Kata Presiden Jokowi

Ilustrasi ibadah haji -Foto : DISWAY/DNN---

Ace mengatakan DPR menginginkan agar biaya haji 2023 dapat terjangku oleh masyarakat, dan sesuai dengan prinsip istitha’ah atau kemampuan berhaji.

Ditambahkannya, usulan kenaikan biaya haji juga harus tetap mempertimbangkan sustainibilitas keuangan haji dan keadilan nilai manfaat bagi seluruh jamaah haji.

BACA JUGA:Asyik, Ini 5 Tol Trans Sumatera yang Rampung Tahun 2024, Tol Jambi-Palembang Kapan?

BACA JUGA:Kocak, 12 Lawan 11 di Gubernur Cup 2023, Ini Penjelasan PSSI Jambi

Selain itu, Ace juga meminta agar penggunaan nilai manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) perlu diatur agar dapat berkeadilan.

Ace menyebutkan, nilai manfaat adalah hak seluruh jamaah haji Indonesia, termasuk lebih dari lima juta jamaah yang masih menunggu antrean berangkat.

Lebih lanjut, Ace mengatakan besaran nilai manfaat yang diusulkan 30 persen apakah masih mungkin mengalami perubahan komposisi menjadi lebih besar atau tidak.

Ace menegaskan, pihaknya tidak ingin nilai pokok keuangan dan nilai manfaat jamaah haji tahun depan dan seterusnya terpakai untuk jamaah haji tahun ini.

BACA JUGA:Koperasi Primer Kartika Garuda Putih Gelar Rapat Anggota Tahunan, Ini Ketua yang Terpilih

BACA JUGA:Anggota DPR RI Minta Guru Honorer Langsung Diangkat PNS atau PPPK : Mau Solusi Seperti Apa Lagi?

Lebih lanjut, Ace juga meminta agar BPKH untuk memastikan ketersediaan dana haji yang diperuntukkan sebagai nilai manfaat untuk haji tahun ini.

Saat ini, Komisi VIII DPR RI masih akan membahas dengan pihak-pihak terkait mengenai pembiayaan haji tahun 2023 pada pekan ini.

Dikatakan Ace, dalam minggu ini pihaknya akan rapat dengan Dirjen Haji dan Umroh, Kementerian Kesehatan, pihak maskapai penerbangan, dan PT Angkasa Pura, serta pihak-pihak lain yang terkait layanan haji, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi, terutama tentu dengan pihak Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Ace menyebutkan, BPIH tahun 2023 ditargetkan rampung pada 13 Februari mendatang dan diharapkan BPIH sudah dapat diputuskan bersama dan telah resmi ditetapkan.

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Pencurian Buah Sawit di Muaro Jambi jadi Tahanan Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: