Kuliner Khas Sumsel, Ini 5 Jenis Masakan Pindang Enak dan Terkenal di Sumatera Selatan

Kuliner Khas Sumsel, Ini 5 Jenis Masakan Pindang Enak dan Terkenal di Sumatera Selatan

Masakan pindang-Foto : Net-

PALEMBANG, JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDSumatera Selatan memiliki kuliner khas yang selalu dicari setiap kali berada di Kota PALEMBANG ataupun di Sumatera Selatan (Sumsel).

Salah satu kuliner khas Sumsel adalah pindang. Ternyata ada banyak jenis pindang yang ada di negeri paling selatan di Pulau Sumatera tersebut.

Setiap daerah yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki pindang khas masing masing. Rasa dan cara membuatnyapun juga berbeda beda. Namun rasanya tetaplah enak dan lezat.

Perbedaan setiap pindang ini tidak hanya dari daerah asalnya saja, namun juga dari isi pindang. Pindang juga diambil dari nama suku atau daerah yang ada di Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:Waduh, Harga Rumah Subsidi di 2023 Bakalan Naik 7 Persen, Ayo Beli Sekarang Aja

BACA JUGA:Cianjur Diguncang Gempa 4,4 Magnitudo, Ini Penjelasan Lengkap BMKG

Antara masakan pindang yang satu dengan masakan yang lain memiliki perbedaan, seperti dalam cara memasaknya dan bumbu yang digunakan. Sehingga rasanyapun tentu berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Untuk yang belum tahu, pindang merupakan, lauk hasil olahan ikan sungai, udang, daging maupun tulang. Jenis ikan yang umum diolah seperti ikan baung, patin, toman, gabus, seluang, dan ikan lais. 

Ada masakan pindang yang dimasak dengan merebus bersamaan campuran bumbu bawang, lengkuas, serai, terasi, dan ikan langsung. Ada pula yang bumbunya ditumis terlebih dahulu. 

Berdasarkan suku atau daerah, masakan pindang di Sumatera Selatan dapat dibedakan menjadi Pindang Palembang, Pindang Musi Rawas, Pindang Pegagan, Pindang Meranjat, Pindang Komering. 

BACA JUGA:Terkait Penghapusan Honorer 2023, Ini Komentar Asosiasi Pemda : Harus Ada Win Win Solution

BACA JUGA:Ingin Diet Aman? Ikuti Tips Diet Agar Jantung Tetap Sehat, Jangan Ikut Ikutan Tren

Apa saja yang membedakan antara masakan pindang yang ada tersebut? Berikut ulasannya : 

1. Pindang pegagan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co