Ingin Diet Aman? Ikuti Tips Diet Agar Jantung Tetap Sehat, Jangan Ikut Ikutan Tren

Ingin Diet Aman? Ikuti Tips Diet Agar Jantung Tetap Sehat, Jangan Ikut Ikutan Tren

ilustrasi diet-Foto : Ilustrasi-Freepik

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Banyak orang yang ingin melakukan diet agar tubuh bisa langsing. Namun terkadang orang lupa bagaimana cara melakukan diet yang sehat. Khususnya melakukan diet yang tepat agar jantung tetap sehat.

Kebanyakan orang melakukan diet dengan hanya ikut ikutan tren saja. Sehingga terkadang malah membuat mereka sakit karena salah dalam melakukan diet.

Untuk itu, sebelum melakukan diet, Anda harus benar benar memiliki informasi yang baik mengenai cara diet yang sehat. Khususnya melakukan diet agar jantung tetap sehat,

Sebab, kesehatan jantung sangatlah penting. Ini mengingat pentingnya fungsi jantung bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Amalkan Ibadah Ini, Berikut Dzikir dan Doa Bulan Rajab, Dapatkan Pahala yang Melimpah

BACA JUGA:5 Bahaya Kurang Minum Air Putih

Surya, Triadi Milano, dokter spesialis jantung pembuluh darah Siloam Hospitals mengungkapkan cara diet yang alami agar jantung tetap sehat. "Faktor risiko penyakit jantung bisa dihindari melalui pola makan dan rutin berolahraga," katanya dalam edukasi sehat bertajuk "Rekomendasi Diet untuk Jantung Sehat",beberapa waktu yang lalu seperti dikutip dari JPNN.com

Dia mengatakan bahwa pola makan memegang peranan agar ritme kerja jantung berfungsi secara normal. Sehingga tidak ada penyumbatan di pembuluh darah akibat makan yang salah. Oleh karena itu, amat penting mengatur pola makan sehat, melalui skema diet yang tepat agar jantung tetap sehat hingga tua. 

 "Karena makanan sehat untuk jantung tidak saja mengurangi faktor risiko penyakit jantung, tetapi bisa terhindar dari risiko peradangan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida," ujarnya. 

Terlebih lagi jika makanan mengandung pestisida atau melalui proses pemanasan tinggi. Akumulasi radikal bebas memiliki konsekuensi yang buruk pada kesehatan, molekul-molekul tidak stabil dalam tubuh menganggu struktur dan fungsi sel.

BACA JUGA:Ternyata Puasa Bisa Turunkan Kolesterol Loh…Ini 6 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi

BACA JUGA:Imlek Cemburu

Contohnya, di pembuluh darah terjadi penumpukan lemak di lapisan pembuluh darah. 

"Ini berbahaya, karena dari ketidaktahuan atau minimnya informasi, termasuk pada pola makan berlebihan akan berisiko mengidap penyakit jantung," kata dokter Triadi. Mengacu pada data penelitian, lanjutnya konsumsi sayuran dan buah-buahan segar atau tinggi serat adalah yang terbaik dan sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari. Ikan yang tinggi omega 3, juga dapat dilakukan 4-5 kali dalam seminggu.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com