Syarat Penting Jika ASN Ingin Daftar jadi PPK, PPS dan KPPS

Syarat Penting Jika ASN Ingin Daftar jadi PPK, PPS dan KPPS

Ilustrasi pemilihan umum-freepik-Capture Freepik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Komisioner KPU RI Parsadaan Harahap menegaskan ASN secara peraturan boleh saja menjadi PPK, PPS dan KPPS.

Akan tetapi perlu diingat bahwa sebelumnya sudah harus ada izin terlebih dahulu dari atasan.

Mengapa demikian? Hal tersebut lantaran pemberian izin ini bersifat adhoc.

Hal itu pun sudah dikonfirmasi langsung oleh Komisioner KPU RI Parsadaan Harahap di Jakarta pada Selasa, 3 Januari 2024.

BACA JUGA:Catat, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Lewat HP

Jadi pada posisi ketika sudah dilantik atau ia mendapatkan amanah itu, maka kemudian ia melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan terkait dengan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara, ucap Parsadaan.

Maka dari itu, Parsadaan tidak melihat adanya masalah apabila ada ASN yang ingin masuk menjadi anggota badan adhoc penyelenggara pemilu.

Yang terpenting ada komitmen bersama untuk menyelenggarakan pelaksanaan pemilu bahwa tanggung jawab utama bukan dari KPU dan penyelenggara saja.

KPU sadar akan adanya level bawah tersebut, yaitu perekrutan badan adhoc tidak akan gampang seperti masuk ke KPU kabupaten/kota atau provinsi. 

BACA JUGA:Serbu Promo Alfamart Periode 1-15 Januari 2023

Jadi keterbatasan SDM, keterbatasan infrastruktur itu yang mengharuskan untuk melihat di luar potensi-potensi yang mungkin selama ini orang menganggap itu yang pas. 

Bisa saja itu didukung.

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tahapannya tengah berjalan. 

Untuk melaksanakannya pada hari H, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: