Waduh, Ribuan Warga di Daerah Perbatasan Muaro Jambi Resmi Jadi Warga Sumatera Selatan

Waduh, Ribuan Warga di Daerah Perbatasan Muaro Jambi Resmi Jadi Warga Sumatera Selatan

Ilustrasi KTP-Disway.id-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Setelah sempat bermasalah soal tapal batas wilayah, ribuan Warga di Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi akhirnya resmi masuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini dijelaskan langsung Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman kepada Jamb Independent belum lama ini.

Dikatakan Sudirman, bahwa tapal batas dan status kependudukan ribuan warga Desa Persiapan Sawit Mulyo itu sudah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Benar, sudah keluar Pemendagrinya, bahwa mereka resmi masuk ke wilayah Sumsel. Sudah penetapan tapal batas dan status kependudukan masuk Sumsel," ujar Sudirman.

BACA JUGA:3 Vitamin Ini Wajib Dikonsumsi saat Tubuh Lemas dan Meriang 

BACA JUGA:6 Bahan Alami untuk Atasi Jerawat di Punggung

Sebelumnya, pada September 2022 lalu, diberitakan ada sekitar 560 KK warga Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo yang dinyatakan masuk ke wilayah Sumsel.

Diketahui, selama ini, semua urusan kependudukan masuk ke wilayah Jambi. Ternyata masyarakat desa itu, tidak mengetahui jika mereka ternyata tinggal di wilayah sumsel.

Sudirman mengakui jika dari segi wilayah, Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo memang lebih strategis dan lebih dekat pelayanannya ke Provinsi Jambi. 

Namun, tapal batas sudah ditetapkan oleh mendagri, bahwa mereka masuk ke wilayah Sumsel.

BACA JUGA:Di Luar Prediksi, Segini Dana CSR yang Diterima Pemprov Jambi dari Perusahaan Batu Bara Lewat Kementerian ESDM 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits di Jambi, Kekinian dan Cozy

"Sekarang ini, ada keinginan mereka untuk bisa diakomodir sebagai warga Jambi. Kalau gitu, kita dari Pemprov harus memfasilitasi supaya ketemu lagi dengan tokoh- tokoh Sumsel. Duduk dulu, bicara dulu dengan mereka," katanya.

Lebih lanjut, Sudirman menyampaikan, status kependudukan masyarakat Desa Persiapan Sawit Mulyo Rejo yang masuk dalam wilayah Sumsel, harus segera mengurus administrasi masuk ke wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: