Internal Demokrat Sepakat akan Usung Anies dan AHY di Pemilu 2024

Internal Demokrat Sepakat akan Usung Anies dan AHY di Pemilu 2024

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra-Foto : Rafi Adhi Pratama--

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jalan Agus Harimurti Yudhoyono (AH) menjadi calon preside  pada pemilu 2024 mendatang semakin terang.

Sebab, internal Partai Demokrat disebut sepakat mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Calon Wakil Presiden dalam rencana koalisi PKS, Demokrat dan Nasdem.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra. Dikatakannya bahwa internal Partai Demokrat sepakat akan mengusung AHY.

Namun menurutnya AHY menjadi Cawapres tersebut baru sampai aspirasi dari kader Demokrat saat ini.

BACA JUGA:Ketahuan Mau Maling di BRI Link Tanjab Barat, Dua Pria Asal Jawa Timur Ini Diamuk Warga

BACA JUGA:Jalan Macet Akibat Truk Batu Bara, Penjual Sate di Paal Merah, Kota Jambi Ngaku Pembeli Berkurang


"Ya Alhamdulillah karena memang sampai saat ini aspirasi internal kami ingin mas AHY," katanya kepada awak media saat di acara Kedai Kopi yang diadakan di Hotel Amaris, Jakarta Pusat, Minggu 23 Oktober 2022.

Diberitakan sebelumnya, Jika koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasional Demokrasi (Nasdem) dan Demokrat mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Calon Wakil Presiden dinilai akan mendapat banyak hambatan.

Pengamat Politik, Ujang Komarudin mengatakan hal tersebut terjadi lantaran latar belakang AHY dan Demokrat yang berada di luar pemerintahan.

"Kalau dengan Anies-AHY pasti akan dikerjain juga. Karena mereka berada di luar pemerintah," katanya kepada disway.id, Sabtu 1 Oktober 2022.

BACA JUGA:Penyanyi Tulus Borong 7 Piala AMI Awards

BACA JUGA:Presiden Jokowi Diprediksi akan Dukung Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir


Dijelaskannya, salah satu contoh hambatan yang terjadi saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 yang lalu.

Kala itu, AHY mencalonkan diri menjadi Gubernur berpasangan dengan Sylviana Murni. Muncul isu terkait dugaan korupsi yang dilakukan Sylvi dan saat diungkap tidak ada kebenarannya.

"Seperti waktu itu Pilkada Gubernur DKI, AHY dan Sylviana Murni kan dikerjain. Dikasuskan dengan diduga korupsi lah, untuk menjatuhkan agar tidak menang. Faktanya tidak korupsi," jelasnya.

Diungkapkannya, jika Anies dan AHY tetap dipasangkan maka hambatan yang dialami akan cukup besar.

BACA JUGA:Kejari Minta Bantu Masyarakat Temukan Adik Irwansyah yang Masuk DPO

BACA JUGA:Amalkan Zikir Ini Ketika Stress dan Batin Gundah, Insya Allah Hati Tenang

"Kalau pasangan Anies dan AHY pasti instrument hukum akan dimainkan, kemarin Pak Anies sudah dipanggil, kalau dengan AHY lebih parah lagi," ungkapnya. 

Dijelaskannya, meski begitu belum ada keputusan resmi dari partai Demokrat saat ini terkait pengusungan tersebut.

Tetapi belum ada keputusan secara resmi namanya aspirasi kader sah-sah saja, kedua selama ini kami memang belum bahas nama sebenarnya kalau secara resmi," jelasnya.

Diungkapkannya, Anies Baswedan yang notabene Calon Presiden yang diusung calon partai koalisinya, Nasdem disebut sudah bersahabat lama juga dengan AHY.

BACA JUGA:Ini Tips Tetap Aman Berselancar di Ruang Siber dari Polri

BACA JUGA:Obat Gagal Ginjal Akut Masih Langka, Hari Ini akan Dibawa ke Indonesia

"Kalau kita lihat mas Anies-AHY ini sebagai sahabat sudah lama, tapi lagi-lagi kami semua akan ikuti nanti dan diskusi bareng dengan koalisi karena bagaimanapun ini kita setara ya. Jadi semua kita akan bahas sama-sama," ungkapnya.

Disebutkan Herzaky, jika dinilai layak dan cocok Anies disandingkan dengan AHY, maka akan didorong oleh pihaknya tersebut.

"Seperti kata Pak Surya Paloh, why not the best. kalau ternyata semuanya kita lihat ternyata memang Anies-AHY yg terbaik, kita akan mendorong itu," tandasnya. (Rafi Adhi Pratama/disway.id)

Artikel ini juga tayang di disway.id
Dengan judul kader demokrat sepakat usung ahy jadi cawapres anies


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id