Menjaga Sang Bengawan, Menjaga Peradaban: Pemprov Jambi Gandeng Semua Pihak Lestarikan Sungai Batanghari

Menjaga Sang Bengawan, Menjaga Peradaban: Pemprov Jambi Gandeng Semua Pihak Lestarikan Sungai Batanghari

Sungai Batanghari, yang merupakan kebanggaan Provinsi Jambi. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Sumatera.-ist/jambi-independent.co.id-

Penulis: Desy Azwir, ASN Biro Adpim Setda Provinsi Jambi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sesungguhnya nenek moyang kita tak hanya seorang pelaut. Mereka bukan hanya gemar mengarungi luas samudera. Nenek moyang kita menghuni tepian sungai dan menggantungkan kehidupannya pada sungai.

Selain lautan, sejak dahulu, bengawan-bengawan yang ada di Nusantara ini pun tak henti melimpahkan berkahnya, menjadi urat nadi kehidupan manusia di sepanjang alirannya. Sungai Batanghari adalah salah satu bengawan Nusantara yang turut merekam jejak sejarah peradaban nenek moyang Indonesia.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari merupakan DAS terbesar kedua di bumi Nusantara dengan cakupan luas areal tangkapan ± 4,5 juta Ha. Secara administrasi pemerintahan, sebagian DAS Batanghari berada di wilayah Provinsi Jambi (bagian hulu, tengah, dan hilir DAS), sisanya berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Selatan.

Panjang Sungai Batanghari ± 775 km yang berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala. Sungai-sungai besar yang merupakan anak Sungai Batanghari adalah Batang Asai, Batang Tembesi, Batang Merangin, Batang Tabir, Batang Tebo, Batang Bungo, dan Batang Suliti. 

BACA JUGA:Ini Dia Edisi Khusus Honda Monkey 125 Astro Boy, Hanya Diproduksi 300 Unit 

BACA JUGA:Mahfud MD Sampaikan Ketegasan Kapolri dalam Menangani Kasus Irjen Teddy

Menemukan Sungai Batanghari saat bertandang ke Provinsi Jambi sangatlah mudah. Bengawan terpanjang di Pulau Sumatera ini mengular mengaliri hampir setiap kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Sebagian besar wilayah DAS Batanghari, sekitar 76%, adalah Provinsi Jambi, meliputi 8 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batanghari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sementara sebesar 19% wilayah DAS Batanghari merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Barat, meliputi Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, dan Kabupaten Dharmasraya. Serta sisanya, sekitar 4% termasuk wilayah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, dan 1%-nya merupakan bagian dari Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. 

Sungai Batanghari adalah lumbung harta karun yang menyimpan peninggalan sejarah kejayaan kerajaan Melayu. Kerajaan Dharmasraya dan Kerajaan Sriwijaya menjadikan sungai ini sebagai jalur perdagangan penting.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Peserta Turnament BPC HIPMI Cup I 

BACA JUGA:Kado Muktamar

Sungai Batanghari adalah salah satu Jalur Rempah Nusantara yang menjadi pintu masuk para saudagar dunia, menghubungkan saudagar dari berbagai bangsa, berniaga, berinteraksi dengan masyarakat lokal, menciptakan beragam budaya baru hingga menyebarkan agama.  Situs Kompleks Percandian Muaro Jambi dan Situs Solok Sipin merupakan beberapa bukti peninggalan peran penting Jambi dalam perdagangan internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: