Hilangnya Rasa Keadilan

Hilangnya Rasa Keadilan

Romo Benny--

Oleh: Antonius Benny Susetyo

Staff Khusus Dewan Pengarah BPIP 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Keputusan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang memvonis bebas Gregorius Ronald Tannur oleh Erintuah Damanik telah memicu gelombang kekecewaan di kalangan masyarakat, khususnya keluarga korban, Dini Sera Afrianti.

Keluarga korban telah memutuskan untuk melaporkan keputusan ini ke Komisi Yudisial (KY) dan Badan Pengawasan Hakim Mahkamah Agung (Bawas MA).

Keputusan tersebut dianggap melukai rasa keadilan publik dan meruntuhkan keadaban hukum, terutama ketika hukum tampak tajam ke bawah namun tumpul ke atas.

Hal ini menunjukkan betapa runtuhnya kewibawaan hukum di mata publik. Keputusan bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur mencerminkan bagaimana hukum sering kali dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan eksternal, baik itu kekuatan politik maupun kekuatan kapital. 

BACA JUGA:Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Resmi Menikah, Presiden Jokowi Jadi Saksi 

BACA JUGA:Pembukaan Jalan oleh Satgas TMMD ke-121 Menghubungkan 3 Desa, Ini Kata Warga

Ketika hukum tidak lagi independen dan terpengaruh oleh kepentingan kekuasaan, maka keadilan yang sejati menjadi sulit untuk ditegakkan.

Keadilan hanya akan ada ketika hakim memiliki integritas dan suara hati yang tulus untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan, tanpa terpengaruh oleh tekanan eksternal.

Kita sering menyaksikan bagaimana rasa keadilan dilukai ketika keputusan hukum cenderung berpihak pada mereka yang memiliki kekuatan dan kekuasaan.

Keputusan yang tidak adil ini menunjukkan bagaimana nurani para penegak hukum telah tumpul, sehingga mereka tidak lagi mampu mempertimbangkan kebaikan dan kebenaran dalam setiap putusannya.

BACA JUGA:Optimalisasi Pembangkit Sepanjang 2023, Bikin Kinerja PLN Nusantara Power Melejit 

BACA JUGA:Di Tengah Kesibukan TMMD ke-121, Satgas TMMD Kodim 0415/Jambi Tetap Yasinan dengan Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: