Festival Batanghari 2022 Dimulai, Beragam Pertunjukan hingga Pameran Siap Digelar

Festival Batanghari 2022 Dimulai, Beragam Pertunjukan hingga Pameran Siap Digelar

Festival Batanghari 2022 Dimulai--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -  Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan Festival Batanghari dengan tema “semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan”.

Rencananya, festival ini akan dilaksanakan dari tanggal 22-25 September 2022 dan dibuka oleh Gubernur Jambi di Kawasan Taman Tanggo Rajo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi M. Arif Budiman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu strategi promosi dalam menunjang minat dan daya tarik wisata yang pelaksanaan tahun ini, bertepatan dengan penutupan Kegiatan Rangkaian Kenduri Swarnabhumi.

"Pembeda kegiatan ini dengan tahun sebelumnya adalah pelibatan masyarakat pendukung seperti 700 orang parade tekuluk, 50 orang street fashion, 50 pelajar tari zapin besamo, 300 peserta bubur ayak, 260 seniman, 32 pelaku UMKM dan pariwisata sebanyak 14 booth, serta 12 both pameran dinas pariwisata se- Provinsi Jambi," katanya saat diwawancarai, Kamis, 22 September 2022.

BACA JUGA:PAW Bawaslu Muaro Jambi Terancam Kosong, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Pasca Kenaikan Harga BBM, Sejumlah Bahan Pokok di Tanjab Timur Ikut Naik

Selain itu kata Kadis, adanya perahu hias nusantara semula dijadwalkan diikuti oleh beberapa provinsi luar dan kabupaten/ kota, namun dikarenakan waktu pelaksanaan kegiatan (event) di daerah lain yang bersamaan hanya perahu hias dari Provinsi Sumatera Selatan yang hingga kini memastikan mendampingi perahu hias Provinsi Jambi.

"Sementara itu Provinsi DKI Jakarta berpartisipasi mengisi panggung pertunjukan seni pertunjukan Festival Batanghari. Pada kesempatan ini masyarakat jambi berkesempatan dapat “berwisata” dengan kedua perahu tersebut," tambahnya.

Diharapkan giat pelaksanaan Festival Batanghari tahun ini berjalan lancar dan sesuai rencana. Tak lupa ucapan terima kasih kepada para pihak yang mendukung kegiatan ini dari unsur OPD Provinsi dan Kab/Kota, TNI/Polri, Basarnas, termasuk pula Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI yang mensupport atraksi budaya dan menghadirkan musisi legend Ebiet G Ade, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bank Indonesia, dan berbagai organisasi/ kelompok budaya dan pariwisata. Dalam acara tersebut pula menampilkan pertunjukan kolaborasi SamudrAsa, didukung Ansambel Musik sejumlah 40 orang musisi.

Menurut Kasi Promosi Budparprov Jambi Jefry AD mengatakan bahwa salah satu imbas tujuan penting pelaksanaan dari sebuah region event sepertihalnya Festival Batanghari, dapat memberi kontribusi kepada masyarakat sekitar dibidang budaya, pariwisata dan ekonomi keatif.

BACA JUGA:Laka Maut Beat vs Dump Truck di Bram Itam Kabupaten Tanjab Barat, Begini Kronologinya

BACA JUGA:Dorong Kinerja UMKM Lokal, BNI Dukung Pameran Kriya Nusantara

"Ini adalah harapan Gubernur Jambi, Bapak Al Haris; yang sangat menaruh perhatian dan peduli sekali terhadap pergerakan aktivitas ekonomi masyarakat. Sektor jasa transportasi (offline-online), hotel, jasa persewaan, digitalisasi, retribusi dan parkir jadi meningkat, aktivitas pedagang K-5, kulineran, akomodasi, dan sebagainya yang dimanfaatkan oleh pengunjung maupun tamu dari luar Provinsi Jambi. Maka Jangan hanya diajak, tapi Datang, saksikan, dan beli produk ekraf Jambi," pungkasnya. *

Sumber: