China Pamerkan Jet Tempur Kemampuan Luar Biasa

China Pamerkan Jet Tempur Kemampuan Luar Biasa

China pamer pesawat jet tempur yang miliki kemampuan luar biasa--ANTARA/HO-CMG

BEIJING, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - China mulai memamerkan jet tempurnya yang memiliki kemampuan luar biasa.

Militer China mulai menampakkan pesawat tangki generasi terbaru YY-20 atau Yunyou-20 di hadapan publik selama pertunjukan udara di Kota Changchun, Provinsi Jilin, pada 26-30 Agustus 2022.

YY-20 merupakan pengembangan dari Y-20 yang hanya mampu mengangkut 100 ton bahan bakar atau separuh dari kemampuan YY-20.

Dalam acara jumpa pers di Changchun, juru bicara Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Kolonel Senior Shen Jinke, Rabu 24 Agustus 2022 mempertontonkan tayangan video kehebatan tanker tersebut.

BACA JUGA:Perkara Kasus Penimbunan Minyak Solar 10 Ton di Sarolangun, Berkas Sudah P21, Minggu Depan Tahap 2

BACA JUGA:Kasus Mutilasi, 6 Oknum TNI AD jadi Tersangka

Dalam tayangan itu, YY-20 sedang mengisi bahan bakar dua jet tempur China, J-20 dan J-16, di udara seperti dikutip dari JPNN.com

Selain sulit, mengisi bahan bakar jet tempur di udara itu membutuhkan keterampilan teknis para pilot dan kru.

"Pesawat berbobot 60 ton dan berat angkut maksimum saat lepas landas 200 ton sulit ditemui di dunia. Hanya Amerika Serikat, Rusia, dan China yang memiliki kemampuan ini," kata pengamat militer Song Xinzhi seperti dikutip media penyiaran setempat.

Ia melihat pengisian bahan bakar yang dilakukan oleh YY-20, J-20, dan J-16 dalam waktu yang bersamaan sebagai pencapaian pembangunan militer China yang luar biasa.

BACA JUGA:Sejumlah Pejabat Polres Bungo Diganti, Kapan Jadwal Sertijabnya?

BACA JUGA:Harga Telur di Kota Jambi Masih Tinggi, Pedagang Ungkap Penyebabnya

Dalam ajang di Changchun itu, Angkatan Udara PLA menampilkan peralatan tempur utamanya untuk pertunjukan penerbangan aerobatik dan pameran statis, termasuk pesawat militer seri 20, kata Shen. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com