Hanya 1 Calon, Pemilihan Ketua RT 10 Kelurahan Rawasari Dilakukan Secara Aklamasi

Hanya 1 Calon, Pemilihan Ketua RT 10 Kelurahan Rawasari Dilakukan Secara Aklamasi

AKLAMASI: Pemilihan ketua RT 10 Kelurahan Rawasari, dilakukan secara aklamasi di salah satu sekolah dasar.-Deva Monanda/Jambi Independent -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemilihan ketua RT 10, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo terpaksa dilaksanakan secara aklamasi. Hal tersebut lantaran hanya ada satu orang yang mencalonkan diri.

Pemilihan ketua RT yang dilaksanakan pada Minggu 31 Juli 2022, telah menetapkan ketua RT sebelumnya, Hanif Lubis sebagai calon ketua RT. Diketahui Hanif Lubis sudah menjabat menjadi ketua RT selama 2 periode.

ketua RT 10, Hanif Lubis mengatakan bahwa untuk pemilihan ketua RT pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya pada periode sebelumnya pemilihan dilakukan dengan sistim pemungutan suara dengan minimal 2 calon ketua RT. Sedangkan pada periode tahun ini hanya dilakukan secara aklamasi.

“Pemilihannya berbeda pada periode sebelumnya, jadi kita tidak seperti sistim coblos atau pemungutan suara, karena cuman ada satu calon ketua RT nanti,” tuturnya.

BACA JUGA:Puncak Dies Natalis ke-59, UNJA Gelar Makrab Pererat Tali Silaturahmi

BACA JUGA:Dapatkan Diskon Servis 50 Persen di Honda Sinar Sentosa Abunjani Jambi

Hanif Lubis juga mengatakan, dirinya juga sebenarnya tidak mencalonkan diri sebagai ketua RT, hanya saja warga yang memintanya untuk mencalonkan diri kembali.

“Sebenarnya saya tidak mendaftar menjadi ketua RT, tetapi warga yang mendaftarkan saya kembali,” tuturnya.

Sebelumnya ketua RT telah membuka pendaftaran bagi warga yang ingin mencalonkan diri sebagai sebagai ketua RT selama 2 pekan lalu, hanya saja ketika pendaftaran dibuka tidak ada satupun yang mendaftarkan diri.

Maka dari itu, pihak RT setempat sempat memberikan surat kepada setiap kepala keluarga, untuk mendaftar ataupun mengusulkan seseorang untuk dijadikan calon ketua RT.

BACA JUGA:Ini Kata Buya Yahya, Ternyata Ada Hari Jelek, Bukan Hanya di Bulan Muharram

BACA JUGA:Mabes Polri Ambil Alih Dugaan Kasus Pelecehan Terhadap Istri Irjen Ferdy Sambo, Kamaruddin : Sudah Tepat

Terhitung dari 114 surat blangko, menghasilkan 4 calon yang dipilih oleh warga setempat, hanya saja, ketika dikonfirmasi 3 di antaranya tidak bersedia untuk mencalonkan diri. Maka dari itu hanya tersisa 1 calon yang bersedia, yakni Hanif Lubis.

“Ada 114 surat blangko pendaftaran, dan sudah ada 4 calon. Tetapi karna 3 orang ini tidak dikonfirmasi jadi mereka tidak bersedia, dan hanya tinggal saya yang bersedia,” tutur Hanif Lubis.

Hanif Lubis  menganggap jika pemilihan seperti ini, merupakan sesuatu yang kurang demokrasi. Pasalnya tidak ada calon ketua RT yang mendaftarkan diri.

"Ini sesuatu yang kurang sehat sebenarnya, seharusnya ada calon, dan ada pemungutan suara. Sambil mengajari warga berdemokrasi, mengajari menerima kekalahan, menerima kemenangan. Saya kurang senang, beda rasanya," tuturnya.

BACA JUGA:Dugaan Kasus Pelecehan Terhadap Istri Irjen Ferdy Sambo Diambli Alih Mabes Polri, Kadiv Humas Bilang Begini

BACA JUGA:Utamakan Penyelesaian Secara Kekeluargaan, Satlantas Polres Tanjab Timur Masih Tunggu Keputusan

Mengenai hal ini, pihak RT sudah mengkonfirmasi dengan pihak lurah, dan sudah disetujui. (mg02/tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: