Latih Program 'Tajur', Latih Kejujuran Siswa SDN 47 Kota Jambi

Latih Program 'Tajur', Latih Kejujuran Siswa SDN 47 Kota Jambi

KANTIN: Tempat siswa di SDN 47 Kota Jambi membeli makanan dan minuman.--

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.ID.CO – Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023, siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 47 Kota Jambi harus siap dengan aturan baru yang berlaku di sekolah tersebut.

Satu di antaranya, ialah siswa yang diminta untuk jujur. Di mana, sekolah tersebut menyiapkan air minum dalam beberapa galon, dan siswa dapat mengambil dan membayar seikhlasnya.

Kepala SDN 47 Kota Jambi, Ansori mengatakan bahwa ini dilakukan untuk melatih kejujuran siswa, sekaligus mengurangi adanya sampah plastik di sekolah.

“Siswa yang membawa alat makan dan minum sendiri dapat mengambil air minum di tempat yang disediakan dan membayar seikhlasnya,” kata Ansori.

BACA JUGA:Lewat Optimalisasi RCEP RI-China Perkuat Ikatan Ekonomi

BACA JUGA:Rasain! Tim Macan Polsek Jambi Selatan Tembak Pelaku Penggelapan Sepeda Motor di Jambi

Dirinya mengatakan, program tersebut disebut dengan ‘tajur’. “Kita sebut program ‘tajur’, atau tempat air minum kejujuran. Di mana, tim UKS, yang akan melatih, kejujuruan anak-anak. “Silakan jujur. Ambil secukupnya, bayar seikhlasnya. Jangan diam-diam,” ujarnya.

Program tersebut, lanjut dia baru dilaksanakan tahun ini. Seiring dengan program sekolah untuk menerapkan tidak ada tong sampah di sekolah, artinya setiap siswa yang membuat sampah, maka harus membawa sampah tersebut.

“Kita sekarang ada yang namanya SDTN (sekolah tanpa tong sampah). Maka yang menghasilkan sampah, bawa sendiri sampahnya balik,” kata dia.

Ansori mengatakan, ini dilakukan agar para peserta didiknya dapat membawa alat makan sendiri dari rumah. Sehingga, kata dia di kantin sekolah, para penjaga kantin diminta untuk tidak menjual ciki-ciki. “Jualan berkemasan boleh, tapi ciki dan lainnya no,” kata dia.

BACA JUGA:Agar Masyarakat Aman Dari Dampak Inflasi, Ini Saran Dari Ekonom

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Aquarius, Seseorang di Tempat Kerja Kemungkinan Akan Berkelahi dengan Anda

Hal ini menurutnya dapat membuat jumlah sampah di lingkungan sekolahnya menjadi berkurang.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: