Polemik Penetapan Ketua DPC Partai Demokrat Sarolangun, Ini Penjelasan Ketua Panitia Muscab

Polemik Penetapan Ketua DPC Partai Demokrat Sarolangun, Ini Penjelasan Ketua Panitia Muscab

Polemik Terkait Penetapan Ketua DPC Partai Demokrat Sarolangun, Ini Penjelasan Panitia Muscab-Ist-

SAROLANGUN, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penetapan Ketua DPC Partai Demokrat SAROLANGUN beberapa waktu lalu jadi polemik.

DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi angkat suara terkait tudingan miring tentang jalannya Muscab ke-IV Tahap II Partai Demokrat Provinsi Jambi yang dilaksanakan pada, Jumat, 17 Juni 2022 lalu di Hotel Amaris, Muara Bungo.

Ketua Panitia Muscab, Anggun Gunawan pada Muscab lalu, kursi 01 Ketua DPC Partai Demokrat Sarolangun diperebutkan oleh dua kandidat. Yakni Aang Purnama dan HM Syaihu.

Pada proses tahapannya, kedua kandidat diberikan kesempatan yang sama untuk mengikuti prosedur dan melengkapi persyaratan yang ada, sebelum ditetapkan sebagai calon ketua. Di antaranya kedua Bacalon harus mengantongi 3 dukungan PAC sebagai syarat wajib untuk kemudian ditetapkan sebagai calon ketua.

BACA JUGA:Rayakan HUT ke 40 Tahun, Slank Siapkan Gebrakan Baru,Penasaran? 

BACA JUGA:Rupiah Hari Ini Cukup Baik, Ekspektasi Pada The Fed Menurun

Dari hasil verifikasi yang dilakukan, beberapa diantara SK PAC yang menyatakan dukungan terhadap HM Syaihu dipertanyakan keabsahannya. Di antaranya seperti Muhammad Yamin yang berstatus aktif sebagai anggota BPD Tanjung, Kecamatan Bathin VIII.

Selain itu, terdapat beberapa SK Ketua PAC yang statusnya Plt tanpa melalui prosedur dan mekanisme partai yang jelas. 

"Untuk pergantian PAC mestinya harus melalui prosedur dan mekanisme yang ada. Alasan pergantiannya apa? Meninggal atau mengundurkan diri? Kemudian harus ada prosedurnya juga yang mesti dijalankan, tidak bisa langsung ganti saja," terang Ketua Panitia Muscab, Anggun Gunawan.

"Untuk itu semua dukungan PAC untuk semua kandidat kita lakukan verifikasi. Setelah dilakukan verifikasi, semua Bacalon dinyatakan mencukupi syarat untuk ditetapkan sebagai Calon Ketua dan diajukan namanya ke Tim V untuk diputuskan. Jadi mulai dari DPD hingga DPP sudah melaksanakannya sesuai aturan, prosedur dan mekanisme partai," tambahnya.

BACA JUGA:Suarakan Pilunya UMP yang Kembali Turun, Demo Buruh Depan Kantor Anies 

BACA JUGA:3 Truk Berisi Sampah Menumpuk di Kantor DLH Kota Sungaipenuh Timbulkan Aroma Tak Sedap

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Sarolangun, Aang Purnama, ketika dikonfirmasi mengaku jika memang ada kejanggalan dalam pergantian PAC.

"Saya sendiri PAC Pauh, tiba-tiba saja diganti. Hal semacam ini tentu kita pertanyakan, karena semua ada mekanisme dan prosedurnya," ungkapnya, Rabu 20 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: