Kini QRIS Bisa Digunakan Oleh Wisatawan Asing,Begini Caranya

Kini QRIS Bisa Digunakan Oleh Wisatawan Asing,Begini Caranya

Saat ini wisatawan bisa menggunakan Qris. Foto : dok--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-
Kini, para wisatawan asing bisa bertransaksi menggunakan layanan pembayaran QRIS.
 
Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) Gemma Pratama dalam siaran pers, Rabu 13 Juli 2022.
 
Dikatakanya bahwa digitalisasi berbagai sektor terus digenjot pemerintah sebagai salah satu upaya mendongkrak perekonomian nasional pascapandemi. 
 
Salah satu di antaranya adalah digitalisasi sistem pembayaran, lembaga dan industri, juga sektor pariwisata. 
 
 
 
"Kini, para wisatawan asing bisa bertransaksi menggunakan layanan pembayaran QRIS di mana pun, seluruh Indonesia," kata Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) Gemma Pratama.
 
"Untuk mendapatkannya cukup mudah. Wisatawan hanya melakukan aktivasi saldo uang elektronik di aplikasi Xplorin secara langsung dengan menggunakan nomor telepon yang bersangkutan dari negara manapun dirinya berasal,” beber Gemma Pratama.
 
QRIS adalah standar kode QR yang dikembangkan Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. Fungsinya untuk memudahkan proses transaksi dengan QR code agar lebih cepat, dan terjaga keamanannya.
 
Gemma menambahkan, Xplorin merupakan bagian dari Grup Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah sejak awal disiapkan untuk berkolaborasi dengan beragam mitra strategis berbasis digital.
 
Xplorin juga menjadi bagian dari program pemulihan pariwisata Indonesia yang dimulai dari digitalisasi dan monetisasi berbagai aset strategis dari Grup ITDC, seperti di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.
 
“Kami turut berpartisipasi dalam Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang berlangsung 11 – 15 Juli 2022 sebagai bagian dari bentuk dukungan nyata untuk menyukseskan program Bank Indonesia," jelas Gemma Pratama.
 
Xplorin sebelumnya sudah digunakan sebagai master ticketing platform penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 dan Mandalika Track Walk di Sirkuit Pertamina Mandalika. Xplorin juga bersiap untuk memfasilitasi penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2022 bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).
 
 Pembayaran QRIS di Bandara Ngurai Rai Bali untuk mendukung itu, Xplorin telah menggandeng PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital. Hal ini untuk memperkuat layanan aktivasi uang elektronik bagi wisatawan asing.
 
 
 
 Xplorin juga bekerja sama dengan PT Bali Hastie Indomalaya Valuta, salah satu perusahaan pedagang valuta asing di Bali untuk memudahkan wisatawan asing melakukan penukaran mata uang asing dengan Rupiah. 
 
"Itu bisa di top up menjadi uang elektronik selama berlangsungnya FEKDI 2022," ujarnya seperti dikutip dari jpnn.com.
 
Sementara itu, CEO Netzme, Vicky G. Saputra berharap hal itu mendukung pemulihan pariwisata Indonesia lebih cepat lagi dengan memanfaatkan ekosistem QRIS. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com