Pertama di Jambi, Jurnal ‘Uti Possidetis’ FH UNJA Jadi Jurnal Hukum Internasional yang Sudah Terakreditasi

Pertama di Jambi, Jurnal ‘Uti Possidetis’ FH UNJA Jadi Jurnal Hukum Internasional yang Sudah Terakreditasi

Pertama di Jambi, Jurnal ‘Uti Possidetis’ FH UNJA Jadi Jurnal Hukum Internasional yang Sudah Terakreditasi-ist-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jurnal Uti Possidetis: Journal of International Law yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Jambi berhasil terakreditasi Sinta 5 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 105/E/KPT/2022, 7 April 2022, tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah periode I Tahun 2022.

Penerbitan sertifikat dilakukan secara bertahap setelah pengumuman dan dilakukan pemutakhiran data di laman https://sinta.kemdikbud.go.id/journals, sertifikatnya sendiri dapat diunduh langsung secara bertahap melalui akun pengusul di laman http://arjuna.kemdikbud.go.id/.

Jurnal Uti Possidetis adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum UNJA. Terbitan pertama (Vol. 1 No. 1) pada periode Februari 2020. Tujuan utamanya adalah untuk mengkompilasi penelitian inovatif dalam studi Hukum Internasional, memfasilitasi diskusi profesional tentang perkembangan terkini tentang masalah hukum internasional dan dimaksudkan untuk membangun minat para sarjana dan pembuat keputusan Indonesia tentang peran penting Hukum Internasional. Jurnal ini terbit tiga kali dalam setahun yaitu Februari, Juni dan Oktober.

Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H., selaku Sekretaris Bagian Hukum Internasional di Fakultas Hukum UNJA dan pengelola Jurnal Uti Possidetis, menuturkan bahwa hanya ada 4 jurnal kajian hukum internasional di Indonesia.

BACA JUGA:Ponpes Almukhsinin Juara Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022 Zona Kerinci

BACA JUGA:Cuaca Makkah Masih Panas, Jamaah Calon Haji Asal Kota Jambi Ibadah di Fasilitas Hotel

“Yang membedakan Uti Possidetis adalah jurnal ini spesifik pada bidang kajian hukum internasional. Sependek yang saya tau, hanya ada 4 jurnal yang membidangi kajian hukum internasional di Indonesia. Pertama, Indonesian Journal of International Law (IJIL) FH UI. Kedua, Padjadjaran Journal of International Law (PJIL) FH UNPAD. Ketiga, Lampung Journal of International Law (LaJIL) FH UNILA. Terakhir kita, Uti Possidetis Journal of International Law FH UNJA,” ujar Akbar.

Selain hal itu, Uti Possidetis adalah satu-satunya jurnal yang membahas masalah hukum internasional di Provinsi Jambi dan yang pertama mendapat status akreditasi di antara pengelolaan jurnal di seluruh bagian (Pidana, HTN, dan HAN) yang ada di Fakultas Hukum. Akbar menyampaikan harapannya terkait jurnal Uti Possidetis ke depannya agar bisa segera melaksanakan re-akreditasi dan meningkatkan peringkatnya.

“Hasil akreditasi saat ini sudah sesuai target dari fakultas. Catatan-catatan yg diberikan oleh assesor penilai menjadi pembelajaran bagi pengelolaan jurnal di masa yang akan datang. Harapannya bisa segera re-akreditasi agar peringkatnya naik. Targetnya, sesuai dengan harapan Dekan FH UNJA, Usman, adalah SINTA 2 dalam waktu 1 tahun ke depan,” jelas Akbar.

Senada dengan Akbar, Ketua Bagian Hukum Internasional, Rahayu Repindowaty Harahap, mengucapkan terima kasih kepada tim jurnal dan berharap peringkat jurnal Uti Possidetis bisa meningkat lagi.

BACA JUGA:Sungai Enim Meluap, 3 Kecamatan di Muara Enim Terendam Banjir

BACA JUGA:Pengunjung Holywings Palembang Dibubarkan, Buntut Promo Miras Holywings Pakai Nama Muhammad dan Maria?

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Bagian HI karena Jurnal Uti Possidetis merupakan jurnal bagian pertama FH UNJA yang terkareditasi nasional. Terima kasih buat Tim Jurnal Uti Possidetis atas kerja kerasnya sehingga berhasil mendapatkan akreditasi sesuai yang diharapkan fakultas dan bisa menjadi acuan bagi jurnal bagian lainnya. Ke depan, jurnal ini kami harapkan bisa naik peringkatnya menjadi Sinta 2 saat re-akreditasi. Kami sangat mensupport penuh jurnal ini karena bisa menjadi sarana yang membantu pemenuhan Tri Dharma dosen bagian HI terkait dengan penelitian dan mengembangkan kemampuan serta pengetahuan mahasiswa HI dalam menulis sebuah artikel jurnal,” ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: unja.ac.id