Mantab, Bakar Jodah di Jangkat Masuk Rekor Dunia

Mantab, Bakar Jodah di Jangkat Masuk Rekor Dunia

Bakar Jodah Jangkat Raih Rekor Muri Dunia--

BANGKO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bakar Jaudah secara serentak yang dilakukan di Desa Lubuk Pungguk, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, rupanya masuk dalam rekor dunia. Museum Rekor Indonesia (Muri) memberikan rekor bakar jaudah terbanyak dunia.

Jaudah yang juga biasa disebut warga sekitar dengan Jodah, juga diusulkan menjadi nominator rekor dunia dengan peserta terbanyak dan pertama di dunia yang dilakukan secara serentak hari ini, Jumat 24 Juni 2022.

Penyerahan plakat rekor dan buku Muri tersebut langsung diserahkan perwakilan Muri Indonesia Andre Purwandono kepada Wakil Gubernur Jambi Abdulllah Sani, Ketua PKK Kabupaten Merangin, Bupati Merangin dan General Manager Geopark Merangin Agus Zainudin.

Perwakilan Museum Rekor Indonesia (Muri) Andre Purwandono mengatakan, pada tahun ini bakar jodah merupakan peserta terbanyak dan merupakan kali pertama dunia.

BACA JUGA:Mobil Hiace VS Panther di Kotabaru, Semua Penumpang Selamat

BACA JUGA:Diduga Selingkuh, Oknum Polisi Berpangkat AKP di Lampung Digerebek Warga

Dirinya berharap dengan diraihnya rekor tersebut, semoga bakar jodah Jangkat segera dipatenkan menjadi budaya tak benda milik Kabupaten Merangin sehingga menjadi produk dunia menyusul Geopark Unieso Global Geopark (UGG).

“Kali pertama terselenggara di dunia, oleh karena itu Muri mencatat sebagai penyelenggara dan peserta terbanyak dunia. Yang kedua sebagai nominator yang telah diusulkan dengan besarnya partisipan peserta yang hadir,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Zainudin GM Geopark Merangin mengucapkan terima kasih atas dianugrahkan Rekor Muri terhadap Bakar Jodah tersebut.

"Selain itu bakar jodah ini adalah salah satu produk Geopark Merangin Jambi. Semoga produk ini menjadi produk unggulan dunia seiring dengan nantinya Geopark Merangin menjadi Unieco Global Geopark (UGG)," harap Agus.

BACA JUGA:Polisi Serahkan Motor Nmax yang Ditemukan Warga di Areal Kuburan Cina Kepada Pemiliknya

BACA JUGA:Pemberdayaan UMKM Agresif, Menkop UKM Teten Ingin Perbankan Tiru BNI

Terpisah, Bupati Merangin Mashuri, mengaku merasa bersyukur dengan diraihnya bakar jodah Jangkat, Kabupaten Merangin sebagai rekor dunia.

"Bukan hanya bakar jodah, semoga Kabupaten Merangin yang kaya dengan ragam budaya mulai dari makanan, Kopi Asli Merangin hingga prodak lainnya. Semoga nantinya menjadi prodak unggulan," singkat Mashuri.(min)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: