Bakti Sosial Religi, Kapolri: Komitmen Menjaga Toleransi dan Kebersamaan

Bakti Sosial Religi, Kapolri: Komitmen Menjaga Toleransi dan Kebersamaan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, saat melepas bantuan sosial yang akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.--

Jakarta, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Memperingati Hari Bhayangkara ke-76, Polri menggelar kegiatan bakti sosial religi dan bantuan sosial (bansos). Kegiatan tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, bakti sosial religi ini dilaksanakan di tempat ibadah. Sementara bantuan sosial diserahkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan. 

"Khususnya yang saat ini masih terdampak Pandemi Covid-19 dan ekonomi global akibat beberapa peristiwa global yang tentunya berdampak kepada terhadap situasi dalam negeri. Dan ini memang memerlukan sentuhan dari kita semua," kata Sigit saat melepas bantuan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 20 Juni 2022.

Sigit memaparkan, bentuk bakti sosial religi tersebut dilakukan oleh seluruh personel kepolisian di Indonesia terhadap 11.000 rumah ibadah lintas agama, dengan melakukan bersih-bersih, pengecatan, hingga renovasi. 

BACA JUGA:Fun Bike Semarak Hari Bhayangkara ke-76 Polda Jambi, Diikuti Ribuan Pesepeda

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Panggil 30 Pemain, Persiapan Piala AFF U-19

"Ini sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga nilai-nilai toleransi, dan kebersamaan yang tentunya ini semua sudah tertuang di dalam pembukaan UUD 1945, di dalam dasar negara Pancasila dan di dalam Pasal 29 UUD 1945 tentang kemerdekaan beribadah bagi para pemeluk agama di Indonesia," ujar Sigit. 

Dalam hal ini, Sigit menegaskan, Korps Bhayangkara terus berkomitmen akan selalu hadir untuk memberikan rasa aman dan tenang kepada seluruh umat beragama dalam menjalankan ibadahnya. 

"Tentunya Polri juga harus hadir untuk memberikan keamanan terhadap kegiatan ibadah, dan hari ini juga sebagai bukti wujud kecintaan kami kepada seluruh umat yang ada di Indonesia, Polri hadir bersama-sama dengan seluruh umat dari masing-masing agama," ucap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri tersebut menekankan, dengan adanya bakti sosial religi ini diharapkan dapat menjaga nilai toleransi, rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan yang menjadi modal utama mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. 

BACA JUGA:Sungai Aare Telan Korban Lagi, Bagaimana Aturan Mandi di Sungai Ini?

BACA JUGA:Ini Profil Kasat Reskrim Polresta Jambi, yang Menangkap Pentolan Genk Motor

"Kita jaga dan pertahankan sebagai modal dasar untuk membawa Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik, negara yang mampu mewujudkan misi Indonesia Emas di tahun 2045," ucap eks Kapolda Banten ini.

Sementara terkait dengan bantuan sosial, Sigit menyebut, pihaknya menyalurkan kurang lebih 200 ribu bansos dan masker ke seluruh Indonesia. Ia menekankan, kegiatan ini murni bentuk kepedulian dari Polri kepada masyarakat, sebagaimana semangat dari konsep Presisi. 

Sumber: