Pengamat Sebut NasDem Tak Tersandera oleh Kadernya Sendiri

Pengamat Sebut NasDem Tak Tersandera oleh Kadernya Sendiri

Pengamat Sebut NasDem Tak Tersandera oleh Kadernya Sendiri--

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pengamat Politik menilai, Partai Nasional Demokrat (NasDem) tidak tersandera oleh kader-kadernya sendiri. Ini terbukti dari langkah berani yang diambil partai besutan Surya Paloh tersebut. 

Dalam Rakernas Partai NasDem, telah dimunculkan tiga nama tokoh yang kemungkinan akan diusung dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Ketiganya, bukan berasal dari Partai NasDem. Langkah ini, dinilai sangat berani, dan patut ditiru Parpol lainnya. 

"Meskipun tidak masalah mengusung kader internal parpol sendiri, minimal namanya sudah digaungkan oleh partai politik itu sendiri sejak jauh hari," kata Pengamat Politik, Hendri Satrio, Sabtu, 18 Juni 2022.

BACA JUGA:Korem 042/Gapu Gelar Tournament Friendly Golf

BACA JUGA:Longsor di Senyerang, Tanjab Barat Hancurkan 1 Rumah Warga

Hendri mencontihkan, partai politik seperti PDIP atau Partai Demokrat, akan mengusung kader internalnya sendiri. Parpol tersebut mengusung kader, meskipun dinilai kurang potensial dibanding tokoh nonkader mereka. 

"Misalnya saja PDIP yang akan mengusung Puan Maharani atau Partai Demokrat yang mau mencalonkan AHY. Ya, bisa saja kalau legowo memunculkan kandidat alternatif, misalnya Anies Baswedan yang lebih potensial misalnya secara popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas secara nasional," paparnya. 

Akademisi Universitas Paramadina itu juga menyebutkan parpol akan bebas dari beban persoalan 'unggah-ungguh' atau 'ewuh-pakewuh' ke partai politik lainnya, secara tidak menjadi masalah secara etika politik. Sebab, sosok yang diusung tidak dimiliki parpol manapun. 

"Begitu juga jika kemudian figur-figur nonparpol lainnya digaungkan namanya. Seperti Andika Perkasa, Erick Thohir, Rizal Ramli atau bahkan jika perlu Susi Pujiastuti sekalipun, menjadi tidak masalah secara etika politik," jelasnya.

BACA JUGA:HUT Bhayangkara ke-76, Personel Polres Tebo Lakukan Pendakian Gunung Kerinci

BACA JUGA:Airlangga : Upacara Kemerdekaan RI Harus Digelar di IKN Baru pada 2024

Langkah NasDem dalam Rakernas 2022 menetapkan tiga bakal capres di Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo merupakan langkah berani dan sehat, untuk demokrasi Indonesia.

"Inilah sebetulnya masa depan demokrasi yang paling penting. Misal mendorong calon-calon yang terbaik, memiliki program. Tidak hanya modal kosong saja, tapi bisa membawa ide dan karya," kata Hendri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: