UMKM Binaan BUMN Go Internasional, Erick Tohir Dapat Dukungan

UMKM Binaan BUMN Go Internasional, Erick Tohir Dapat Dukungan

UMKM mitra binaan BUMN Go Internasional, Erick Thohir pun mendapat apresiasi. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Saat ini sudah banyak UMKM binaan BUMN yang go internasional. Hal inipun menjadi nilai positif bagi kinerja BUMN.
 
Terkat hal ini, Asosiasi Industri UMKM Indonesia menyambut baik komitmen Menteri BUMN Erick Thohir mendorong pengusaha UMKM untuk memasuki pasar global.
 
Disampaikan Ketua Umum Asosiasi Industri UMKM Indonesia (Akumandiri) Hermawati Setyorini bahwa keberpihakan Erick kepada pelaku usaha kecil juga bagus karena bisa membantu membangkitkan semangat ulang pelaku UMKM usai dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun kemarin.
 
 
 
Selain itu, kata Hermawati, Kementerian BUMN juga terus meningkatkan pelatihan kepada pelaku UMKM dengan cara mengajak mereka secara langsung untuk berperan aktif mengikuti pembinaan.
 
Dikatakannya bahwa komitmen Erick Thohir ini sebagai bentuk bukti dukungannya kepada UMKM di Indonesia untuk bisa menembus pasar internasional.
 
Hermawati berharap dorongan ini bisa diperluas agar UMKM di Indonesia bisa lebih banyak lagi yang berhasil menembus pasar global.
 
“Dukungan itu langkah yang bagus, UMKM yang binaan dari BUMN sendiri seperti Telkom, Mandiri, BRI itu sebuah langkah yang membantu menjadikan UMKM itu dikenal,” kata Hermawati.
 
Lebih lanjut, Hermawati meyakini jika produk yang dibawa ke ajang Pasar Senggol Turki adalah yang terbaik dan memiliki daya saing.
 
“Jika dibawa keluar negeri pasti produk-produk yang memang berdaya saing, terus legalnya sudah pasti komplit, packaging pasti bagus, kualitas produk juga bagus. Otomatis untuk membantu support dari UKM itu sendiri,” ujarnya.
 
Jadi langkah ini sangat bagus, dibutuhkan ketuk pintu atau door to door, harus kita yang datang kepada UMKM-nya, tetapi kalau UMKM disuruh datang ke pusat pelatihan itu memang agak berkurang minatnya,” jelasnya.
 
Hermawati juga menyarankan agar UMKM yang berada di bawah binaan Kementerian BUMN mengajak pelaku usaha di luar binaan, agar pengembangan usaha-usaha kecil di Indonesia tidak putus.
 
 
 
"Kan etosnya orang Indonesia ini kan gotong royong jadi hal itu dijalankan. Saling menolong, yang mampu menarik yang kurang,” sarannya.
 
Hermawati juga berharap dalam sistem rekrutmen UMKM binaan BUMN bisa dilakukan dengan bergantian, agar semangat para pelaku UMKM terus dihidupkan seperti dikutip dari jpnn.com.
 
“Saya berharap ada syarat dari Menteri menyampaikan, ayo yang sudah naik sekarang gantian, jadi hilir hulunya jadi ada, biasanya untuk dibutuhkan bahan bakunya dibina itu petaninya, seperti itu contohnya,” ungkap Hermawati. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: