Sejumlah Anak Sungai di Kualatungkal Alami Pendangkalan, DLH Rencanakan Hal Ini

Sejumlah Anak Sungai di Kualatungkal Alami Pendangkalan, DLH Rencanakan Hal Ini

Ini yang dilakukan DLH untuk anak sungai yang alami pendangkalan -ist -

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Banyaknya anak sungai di Kabupaten Tanjab Barat khususnya kota KUALATUNGKAL yang mengalami pendangkalan sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir disaat musim penghujan maupun luapan air pasang laut.

Terhadap hal tersebut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupaya untuk mengembalikan fungsi sungai kecil dengan mengambil inisiatif melakukan pembersihan disetiap parit yang ada di kota Kualatungkal.

Seperti yang dilakukan terhadap Sungai Parit 2 pembersihan mulai dilakukan satu kali dalam satu minggu oleh petugas DLH dengan harapan agar fungsi anak sungai ini kedepannya berfungsi sebagaimana mestinya.

"Kondisi sekarang ini anak sungai sudah mengalami pendangkalan. Maka dari itu sampahnya dikeluarkan. Maunya kita setelah sampah dikeluarkan sungai didalami," kata Suparjo Kepala DLH Tanjab Barat, Jumat, 17 Juni 2022.

BACA JUGA:'Gebrak Mari', Menggali Potensi SWDKLLJ Kolaborasi Jasa Raharaja dengan Tim Samsat Tanjung Jabung Barat 

BACA JUGA:Kemenkominfo Dorong Sektor Swasta untuk Tingkatkan Layanan Publik Lebih Efektif

Kedepan untuk mengembalikan fungsi anak sungai baik di parit 2 dan parit 3, pihak DLH mengajak masyarakat berencana melakukan gotongroyong setiap hari jum'at dimulai pekan depan.

Untuk sasaran awal ke Sungai Parit 2 dan gotongroyong yang dilakukan menyesuaikan dengan kondisi pasang surut air laut, guna mempermudah pengeluaran Sampah dari Sungai yang menjadi sasaran kegiatan.

"Rencananya dalam kegiatan gotongroyong ini turut melibatkan pihak Kelurahan Tungkal III, forum RT dalam rangakaian hari lingkungan hidup. Tujuannya tidak lain menjadikan sungai sebagai halaman etalase, habitat kita hidup di Sungai dan berfungsi lagi untuk pelayaran. Seperti dulu pompong bisa masuk melalui anak-anak Sungai," tuturnya.

"Selain mengembalikan fungsi Sungai, rangakaian kegiatan gotong royong juga akan dilakukan penanaman bibit Pohon disepanjang daerah aliran sungai juga penebaran benih ikan dengan melibatkan pihak ketiga," tambahnya.

BACA JUGA:Tokoh NU Ikutan Bingung Lihat Zulkifli Hasan Syok Harga Bahan Pokok Pada Naik 

BACA JUGA:Bakti Kesehatan HUT Bhayangkara ke-76, Ini Capaian Vaksinasi Polda Jambi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjab Barat, Suparjo mengajak seluruh Masyarakat untuk turun bersama-sama membersihkan anak sungai demi kepentingan bersama.

Hal senada juga disampaikan Achmad Syafe'i Lurah Kelurahan Tungkal III, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjab Barat yang turut menghimbau kepada masyarakat di Kelurahan Tungkal III Khususnya dapat bersama-sama ikut serta dalam kegiatan gotongroyong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: