Sarang Tawon Vespa Berukuran 1,5 Meter Beserta Isinya Dievakuasi Petugas Damkar dari Pemukiman Warga

Sarang Tawon Vespa Berukuran 1,5 Meter Beserta Isinya Dievakuasi Petugas Damkar dari Pemukiman Warga

Sarang Tawon Vespa Berukuran 1,5 Meter Beserta Isinya Dievakuasi Petugas Damkar Dari Pemukiman Warga-ist -

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Petugas dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanjab Timur melakukan evakuasi koloni tawon ndas atau dengan nama lain Vespa Affinis yang bersarang di sekitar pemukiman warga di dua lokasi berbeda yang berada di Kelurahan Paritculum I, Kecamatan MUARASABAK Barat, Rabu 15 Juni 2022 malam.

Proses evakuasi dan pemusnahan sarang tawon ini dilakukan petugas tersebut sekitar pukul 19.50 wib, hal ini dilakukan agar tidak menyita banyak perhatian warga sekitar untuk berkerumun di sekitar lokasi dan meminimalisir terjadinya bahaya yang bisa saja ditimbulkan.

Yafrizal selaku Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanjab Timur saat diwawancarai usai mengevakuasi dua sarang tawon ndas malam itu mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada malam itu merupakan hasil tindak lanjut dari laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan sarang tawon di sekitar pemukiman mereka.

"Dari hasil laporan itu kemudian kami turun ke lokasi untuk melakukan survei. Melihat memang benar ada dua titik keberadaan sarang tawon yang sangat berbahaya ini, kemudian kami melakukan evakuasi dua sarang tawon tersebut," ucapnya.

BACA JUGA:Warga Paritculum I Resah Dengan Keberadaan Koloni Tawon Vespa 

BACA JUGA:Bertemu Presiden Boeing, Airlangga Bahas Pengembangan Industri Pesawat

Usai dievakuasi dari tempat sarang tersebut menempel yakni di dahan, selanjutnya sarang beserta koloni tawon ndas tersebut dimasukkan kedalam karung dan dimusnahkan di tempat menggunakan racun serangga.

"Setelah dievakuasi, terpaksa sarang dan kawanan tawon ini kemudian kami musnahkan ditempat menggunakan racun serangga. Sebab, kita disini belum ada penangkaran untuk tawon jenis ini," ungkap pria yang akrab disapa Udan Izal ini.

Dirinya menjelaskan, untuk sarang tawon yang pertama dievakuasi malam itu ukurannya tidak terlalu besar, dan untuk sarang tawon kedua yang dievakuasi pada malam yang sama itu ukuranya cukup besar.

"Kalau sarang tawon yang pertama tadi ukuranya tidak terlalu besar. Kalau yang kedua ini lumayan besar, lebarnya sekitar 50 cm dan tingginya sekitar 1,5 meter," jelasnya. (pan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: