Khalifahtul Muslim di Indonesia Terbongkar, Ini Donaturnya

Khalifahtul Muslim di Indonesia Terbongkar, Ini Donaturnya

Khalifahtul Muslim di Indonesia--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengungkap, bahwa organisasi Khilafatul Muslimin di Indonesia memiliki beberapa donatur transnasional.

Ya, mereka didanai jaringan di Malaysia, Amerika Serikat (AS) hingga Arab Saudi.

Khilafatul Muslimin di Indonesia tersebar di sejumlah daerah dan memiliki 23 kantor. Kantor pusatnya berada di Bandar Lampung Provinsi Lampung.

Barubaru ini, Polda Metro Jaya telah mengamnakan barang bukti uang yang totalnya mencapai lebih dari 2 Miliar rupiah dari hasil penggeledahan.

BACA JUGA:Penyanyi Virzha Sekarang Dituding Palsu, Sosok Asli Hilang Sejak 2017, Psikolog Ikut Komentar?

BACA JUGA:Harry Maguire Pembicaraan Empat Mata dengan Erik ten Hag

"Secara gerakan Khilafatul Muslimin memiliki keterkaitan dengan jaringan transnasional," kata Pengurus Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme MUI Makmun Rasyid, Senin 13 Juni 2022.

"Karena memang selama ini Khilafatul Muslimin ini mendapat dukungan tidak saja di Indonesia, tetapi juga dari luar negeri," sambungnya.

Makmun menyebut, negara-negara yang menjadi donatur Khilafatul Muslimin seperti di Amerika Serikat (AS), Malaysia dan Arab Saudi yang.

"AS pun ada orang yang menjadi supporting mereka yah. Malaysia, kalau tidak salah seingat saya bahkan dari Arab Saudi pun sudah ada menjadi donaturnya," sebutnya.

BACA JUGA:Barcelona Siap Boyong Bernado Silva, Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan

BACA JUGA:Unggah Kebersamaan dengan Eril, Nabila Ishma Malah Dihujat Netizen, Kenapa?

Makmun menambahkan, bahwa secara legal Khilafatul Muslimin adalah yayasan yang mengedepankan aspek pendidikan dan kemanusiaan.

"Di situlah jualan mereka," ungkapnya.

Sebelumnya, pemimpin tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap Polda Metro Jaya di wilayah Lampung, pada Selasa 7 Juni 2022 pagi.

Ia ditangkap di Markas Besar Khilafatul Muslimin di Teluk Betung, Bandar Lampung oleh tim Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

BACA JUGA:Dimas PPPA Kota Makassar Berikan Bantuan Hukum Kepada Pelaku Aborsi Tujuh Janin

BACA JUGA:Deddy Corbuzier Usut Orang yang Ajak Sabrina Chairunnisa Making Love: Gak Dipenjarain, Tapi..

Selain itu, Polda Metro juga menangkap dua tokoh penting kelompok Khilafatul Muslimin di markas pusatnya di Bandar Lampung, Sabtu 11 Juni 2022.

Dengan demikian sudah 5 orang dari Khilafatul Muslimin ditangkap, termasuk pemimpin tertingginya, Abdul Qadir Hasan Baraja.

Selain menangkap dua tokoh penting, Polda Metro Jaya juga melakukan penggeledahan di Markas Pusat Khilafatul Muslimin mencari barang bukti.

Dari penggeledahan itu, Polisi menemukan barang bukti sejumlah uang hingga miliaran rupiah.

BACA JUGA:Iko Uwais Dipolisikan, Diduga Lakukan Penganiayaan

BACA JUGA:Pimpin Doa, Habib Usman bin Yahya Sebut Jenazah Eril Wangi, Salah Satu Tanda Syahid

"Kita melakukan penggeledahan terhadap operasionalisasi terhadap ormas ini dan kita menyita uang yang diduga uang operasional sekitar miliaran jumlahnya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi dalam keterangannya. (slt)

Artikel ini telah tayang di Disway.Id dengan judul Terbongkar! Donatur Khilafatul Muslimin dari Malaysia hingga Arab Saudi.

Sumber: