Motor di Malaysia Bakal Wajib Dipasang Rem ABS Untuk Tekan Angka Kecelakaan

Motor di Malaysia Bakal Wajib Dipasang Rem ABS Untuk Tekan Angka Kecelakaan

Kendaraan mennggunakan rem ABS diwajibkan di Malaysia untuk menekan angka kecelakaan. Foto : Antara--

MALAYSIA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Sistem teknologi  Anti-lock Brake (ABS) pada kendaraan sangat penting untuk mengurangi terjadinya angka kecelakaan.
 
Hal inilah yang menjadi salah satu tolak ukur kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia terhadap kendaraan yang masuk ke negaranya.
 
Sebab,Pemerintah Malaysia mengumumkan bakal mewajibkan semua kendaraan roda dua atau motor wajib menggunakan sistem teknologi sistem Anti-lock Brake (ABS).
 
 
 
Teknologi sistem pengereman itu berlaku untuk semua kendaraan baik 150cc maupun lebih tinggi.
 
Menteri Perhubungan Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan pihaknya sedang melakukan studi untuk implementasi mandat baru ini.
 
Menurut dia kebijakan itu sedang ditangani oleh Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia.
 
"Dengan adanya wajib pemasangan ABS nantinya diharapkan bisa menekan angka kecelakaan sepeda motor dan kemungkinan kematian semakin berkurang," kata Wee Ka Siong dikutip dari iMotorbike.
 
Studi komprehensif terkait pemasangan rem ABS pada semua motor di Malaysia akan melibatkan perwakilan dari produsen sepeda motor, industri manufaktur, dan pakar keselamatan berkompeten.
 
Menurut studi yang dilakukan oleh MIROS, pengereman tidak efektif merupaka salah satu utama kecelakaan sepeda motor di Malaysia.
 
 
 
"Penggunaan sistem pengereman yang lebih baik dan efektif sangat dianjurkan dan didorong dalam pencarian solusi untuk mengakhiri kecelakaan sepeda motor," lanjut dia.
 
Selain itu, terdapat studi yang menunjukkan bahwa penggunaan ABS di sepeda motor bisa mengurangi kecelakaan dan kematian hingga 30 persen.
 
Dikutip dari laman Astra Honda Motor, Anti-lock Brake System atau ABS adalah sebuah sistem pengereman pada kendaraan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara seperti dikutip dari jpnn.com.
 
Sistem ABS disematkan di motor agar pada saat pengereman mendadak kendaraan itu tidak selip ketika kondisi jalanan basah ataupun licin. (Viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: